Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Pangkalpinang memprakirakan kondisi cuaca di Provinsi Bangka Belitung (Babel) pada Jumat (12/2) masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

"Dua daerah diprakirakan hujan sedang dan lima wilayah lainnya berawan serta berpeluang hujan dengan intensitas ringan," ujar Staf Koordinator Unit Analisa, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang Omar Mukhtar di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan, dua daerah yang berpotensi hujan dengan intensitas sedang yakni Kabupaten Bangka Selatan dan Belitung Timur.

"Sedangkan lima daerah lainnya yakni Kabupaten Bangka, Belitung, Bangka Tengah, Bangka Barat dan Kota Pangkalpinang diprakirakan masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan," ujarnya.

Ia menambahkan, secara keseluruhan kecepatan angin di daratan ini normal bila dibandingkan beberapa hari lalu.

"Kecepatan angin didaratan ini sekarang berkisar antara enam hingga 18 meter atau lebih rendah dari beberapa hari yang lalu dengan kecepatan mencapai 20 kilometer per jam," ujarnya.

Sementara itu, ketinggian gelombang laut di jalur pelayaran Babel mencapai 2,5 meter dengan kecepatan angin sampai sekitar 40 kilometer per jam.

"Ketinggian gelombang ini berpotensi terjadi di perairan Selat Karimata jalur pelayaran Babel," ujarnya.

Demikian juga, ketinggian gelombang di jalur pelayaran Babel lainnya yakni Selat Bangka, Selat Gelasa, selatan dan utara Pulau Bangka ketinggian gelombang diprakirakan berkisar 0,5 hingga 1,5 meter. 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016