Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengambil alih bila tidak ada kesepakatan mengenai tapal batas antar desa di daerah itu.

"Kalau beberapa kali pertemuan tidak ada kesepakatan maka keputusan akan diambil oleh pemda, "kata Reza Pahlevi di Toboali, Jumat (3/02).

Disampaikannya saat ini sudah ada sekitar 32 segmen berhasil diselesaikan dari 113 segmen yang kita rangkum untuk menentukan tapal batas ini.

"Nanti kalau semua sudah selesai akan kita buat peta Poligon agar lebih mudah dalam melihat perbatasan antar desa dan kecamatan ini,"kata dia.

Menurut Reza walaupun anggaran kegiatan penetapan batas desa ini kecil,target penetapan batas desa ini akan selesai pada pertengahan tahun ini.

"Anggaran yang disiapkan sebesar 100 juta untuk memfasilitasi desa dalam menemukan kesepakatan batas desa ini, ya dicukupin saja, "kata dia.

Dirinya menjelaskan dalam menentukan batas desa itu pihaknya melibatkan para kepala desa terkait bersama unsur tokoh masyarakat setempat.

"Pertemuan biasanya kita lakukan ditempat yang netral seperti kantor kecamatan agar perundingan dapat berjalan lancar, "kata dia.

Dirinya berharap kepada para kepala desa yang diundang dalam pertemuan itu segera hadir agar terjadi kesepakatan dalam penentuan batas desa.

"Kesepakatan ini yang sulit didapatkan,kalau semua sudah sepakat kegiatan tapal batas desa ini sudah selesai,semoga para kades dan tokoh masyarakat dapat saling mufakat dalam penentuan batas desa ini, "harapnya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023