Sungailiat (Antara Babel) - Sebanyak 40 orang pemandu wisata di Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, mengikuti pelatihan terpadu untuk meningkatkan kemampuan mereka terutama dalam bidang kepariwisataan.

"Kegiatan yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bangka ini bertujuan melatih para pemandu wisata dengan harapan agar para pemandu ini siap bersaing secara kompetitif serta dilengkapi kemampuan kepariwisataan yang mumpuni," kata Sekda Bangka, Fery Insani ketika memberikan sambutan pada pelatihan pemandu wisata di Hotel Tanjung Pesona, Sungailiat, Senin.

Ia mengatakan, kegiatan pelatihan pemandu wisata terpadu ini merupakan sarana pengembangan potensi bakat, kreatifitas, kecerdasan para peserta pemandu wisata.

"Melalui pelatihan ini para peserta diharapkan memiliki disiplin, dedikasi, dan tanggung jawab yang tinggi untuk membantu Pemda Bangka dalam mempromosikan keanekaragaman daerah kepada wisatawan," katanya.

Sementara itu, ketua Panitia Pelaksana, Murmahmudi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melaksanakan misi kepariwisataan Kabupaten Bangka yakni menggali, menjaga, mengembangkan dan melestarikan kekayaan adat istiadat, seni budaya dan lingkungan serta mempromosikan kepariwisataan Bangka.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan usaha pariwisata yang berdaya saing dan berbasis masyarakat, upaya menambah pengetahuan dan menambah wawasan serta meningkatkan promosi yang efisien dan efektif, serta menciptakan tenaga pemandu wisata yang potensial," katanya.

Menurut dia, keberadaan pemandu wisata di kabupaten Bangka ini menjadi penting karena tanpa penjelasannya daya tarik ataupun atraksi bagi wisatawan di daerah ini akan terasa kurang berkesan.

"Tugas pemandu wisata selain memberikan penjelasan terkait dengan daya tarik ataupun atraksi yang disediakan juga dapat sebagai sumber informasi bagi wisatawan terutama terkait dengan kegiatan penunjang yang ada di Kabupaten Bangka," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016