Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin menyerahkan penghargaan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Award 2023 Tingkat Pratama Kategori Persaingan Usaha kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Alhamdulillah, Wapres Ma'ruf Amin menyerahkan langsung penghargaan KPPU Award tahun ini," kata Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin dalam keterangan pers diterima LKBN ANTARA Babel, Kamis.

Ia mengatakan penghargaan KPPU Award Kategori Pratama pada Persaingan Usaha ini merupakan level yang mencerminkan bahwa suasana persaingan usaha di Kepulauan Bangka Belitung sudah jauh lebih baik dari sebelumnya.

Baca juga: Bangka Tengah Sabet Penghargaan dari Kemendes PDTT RI

"Satu hal penting yang disampaikan dalam arahan Bapak Wapres Ma'ruf Amin adalah keterlibatan badan usaha daerah agar lebih meningkat," katanya.

Untuk itu, Pj Gubernur Babel mengajak semua pihak, terutama para pelaku usaha dan perangkat daerah untuk sama-sama terus mengawasi persaingan usaha ini agar semakin lama semakin produktif, tidak ada hambatan-hambatan yang sebetulnya bisa ditiadakan, dan yang paling penting, masyarakat bisa menikmatinya secara bersama sama.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam sambutannya mengingatkan bahwa demokrasi ekonomi tidak mungkin dapat tercapai tanpa persaingan usaha yang sehat. Persaingan usaha yang sehat mendorong tumbuhnya inovasi, peningkatan kualitas dan keragaman produk dan harga yang lebih kompetitif, sehingga konsumen akan diuntungkan.

Baca juga: Pemkot Pangkalpinang terima penghargaan unit pengumpul zakat tertinggi dari Baznas

"Indeks persaingan usaha menunjukkan tren peningkatan angka 4,6 pada tahun 2018, menjadi 4,8 pada 2021. Kita berharap, angka indeks terus mendekati target nasional yakni 5,0 poin," katanya.

Penganugerahan KPPU Award 2023 kali ini merupakan perhelatan ketiga yang diselenggarakan oleh KPPU, dan diberikan sebagai wujud apresiasi terhadap peran aktif pemerintah dalam mendukung terciptanya iklim persaingan usaha yang sehat di Indonesia, yang mengusung tema Strategi Peningkatan Kinerja Persaingan Usaha Nasional.

KPPU Award 2023 sendiri diberikan dalam dua kategori, yakni Persaingan Usaha dan Kemitraan, dengan tiga tingkat apresiasi Utama, Madya dan Pratama, yang diserahkan langsung oleh Wapres Ma'ruf Amin didampingi ketua KPPU M. Afif Hasbullah. 

Baca juga: MAN IC Bangka Tengah raih penghargaan kontributor berita terbanyak

Pewarta: Aprionis

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023