Koba (Antara Babel) - Sejumlah masjid atau tempat ibadah bagi umat Islam di Bangka Tengah, Bangka Belitung, akan menyelenggarakan shalat gerhana pada Rabu (9/3) pagi.

Ketua Masjid Nurul Falah, H Syamsir Sanol di Koba, Selasa, mengatakan shalat gerhana akan diselenggarakan secara berjamaah.

"Pengumuman sudah kami sampaikan melalui pengeras suara kepada jamaah sekitar masjid untuk hadir shalat gerhana," ujarnya.

Ia menjelaskan pengurus mengajak para jamaah memaknai gerhana matahari total dengan bersujud kepada Allah SWT karena fenomena besar ini atas kekuasaan-NYA.

"Silakan merayakan menyambut gerhana tetapi jangan lupa bersyukur kepada Allah SWT bahwa sampai saat ini kita masih diberi kesempatan untuk melihat keagunga-NYA," ujarnya.

Ia mengatakan tidak ada persiapan khusus menjelang penyelenggaraan shalat gerhana dan hanya membersihkan masjid saja.

"Tidak ada persiapan khusus seperti shalat Idul Fitri, hanya membersihkan masjid saja dan menyediakan tikar lebih banyak," ujarnya.

Pantauan Antara, sejumlah masjid di Bangka Tengah secara serentak melaksanakan shalat gerhana dan terdengar saling sahut pengumuman melalui pengeras suara ajakan shalat gerhana.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016