Bunda Pendidikan Anak Usia Dini Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sri Utami Soedarsono mengajak para orang tua lebih kreatif dalam menyiapkan menu makanan agar asupan gizi anak terpenuhi.

"Kami mendorong agar orang tua dan seluruh PAUD di Babel memerhatikan kebutuhan gizi anak sehingga anak-anak semakin sehat, cerdas dan ceria," kata dia di Toboali, Bangka Selatan, Kamis.

Menurut dia, kreativitas dalam menyiapkan menu makanan setiap hari dibutuhkan untuk mengurangi rasa bosan anak terhadap makanan yang disiapkan di rumah.

Bangka Belitung memiliki potensi sumber daya perikanan yang melimpah dan bisa menjadi bahan baku utama makanan yang disajikan setiap hari.

Agar anak tidak bosan, saat ini sudah banyak buku yang menyajikan resep makanan berbahan baku ikan dan hasil tangkap lainnya yang bisa dimanfaatkan para orang tua sebagai acuan dalam menyiapkan menu makanan harian.

"Kami juga telah menerbitkan buku Pendidikan Menu Makanan Berbahan Ikan untuk Anak Usia Dini dan buku Senyum Sehat Anak Babel yang sudah disebarkan di seluruh PAUD yang bisa dijadikan acuan," ujarnya.

Sri Utami menyarankan resep-resep yang menjadi isi dalam buku tersebut untuk dicoba dan dipraktikkan oleh para orang tua untuk kebutuhan nutrisi anak.

"Resep menu yang ada dalam buku itu juga bisa dicoba di sekolah untuk makan bersama sehingga anak tidak bosan dengan suasana saat makan," katanya.

Menurut dia, penerbitan dua buku itu merupakan salah satu bentuk keseriusan organisasi PAUD Babel untuk mendukung upaya pembangunan sumber daya manusia, terutama dalam menyiapkan generasi Babel yang sehat, cerdas dan ceria.

Pada kesempatan itu, Bunda PAUD Kabupaten Bangka Selatan Elizia Riza Herdavid menyambut baik kunjungan Bunda PAUD Babel dan memberikan apresiasi terhadap penerbitan buku-buku tersebut.

"Kami gembira dan salut dengan Bunda Sri Utami, datang dan berbagi buku-buku yang berguna untuk anak-anak kita. Bukan hanya itu saja, beliau juga mau memberikan arahan tentang mainan apa saja yang bagus untuk tumbuh kembang anak," kata dia.

Ia berharap, menu makanan anak yang ada dalam buku tersebut bisa diimplementasikan dalam menyiapkan menu makanan anak sehari-hari agar anak-anak semakin sehat ceria dan bertumbuh kembang sesuai yang diharapkan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023