Kepolisian Resor Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan empat posko pelayanan dan pengamanan arus mudik Lebaran 2023.

"Pendirian posko ini sebagai bentuk keseriusan kami dalam menunjang kelancaran arus mudik sekaligus menjaga keamanan dan memberikan kenyamanan kepada masyarakat, terutama kepada mereka yang melakukan perjalanan mudik," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Catur Prasetiyo di Mentok, Senin.

Empat posko yang disiapkan berupa satu unit posko pelayanan yang berada di kawasan Pelabuhan Tanjungkalian Mentok dan tiga unit posko pengamanan di Kecamatan Kelapa, Parittiga, dan satu di kawasan wisata Pantai Baturakit.

Kapolres mengatakan bahwa empat posko itu akan melakukan pelayanan dan pengamanan mulai 7 hari sebelum Lebaran dengan melibatkan sebanyak 296 personel gabungan.

Sebanyak 296 personel gabungan yang disiapkan terdiri atas 110 personel Polri ditambah 186 petugas gabungan dari unsur TNI, dinas perhubungan, satpol PP, pemadam kebakaran, BPBD, PMI, dinas kesehatan, dan instansi terkait lain.

AKBP Catur Prasetiyo berharap kehadiran petugas di tengah masyarakat ini bisa memberikan rasa aman, tertib, nyaman, dan lancar kepada pelaku perjalanan mudik Lebaran 2023.

"Bagi para pemudik atau pelaku perjalanan luar daerah yang menggunakan kendaraan pribadi, kami sarankan menyiapkan diri sebaik-baiknya agar perjalanan berjalan lancar, nyaman, dan aman," katanya.

Ia mengimbau pemudik untuk melakukan persiapan diri dengan baik, memperhatikan kondisi kelayakan mesin, ban, dan melengkapi diri dengan berbagai kebutuhan dan perlengkapan darurat.

"Jangan terlalu memaksakan diri. Jika lelah atau mengantuk, silakan istirahat di posko-posko yang sudah disediakan. Jangan sampai mudik malah membawa malapetaka bagi diri dan keluarga," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023