Satgas Penanganan COVID-19 Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyatakan tujuh kabupaten/kota di provinsi itu pada Selasa (11/4) tanpa penambahan kasus orang terpapar virus corona, sehingga total pasien COVID-19 yang menjalani karantina tersisa 10 orang.

"Hari ini tidak penambahan kasus orang terpapar virus corona, pasien sembuh dan meninggal akibat COVID-19 ini," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan dengan tidak adanya kasus orang terpapar virus corona ini, maka pasien yang menjalani karantina tersisa 10 orang tersebar di Kabupaten Bangka (4), Bangka Tengah (3), Bangka Barat (2), Bangka Selatan (1), sementara Belitung, Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang tanpa pasien COVID-19.

"Kami berharap masyarakat yang akan mudik Lebaran untuk segera vaksinasi booster, untuk menambah ketahanan tubuh dari virus corona ini," katanya.

Kasi Pelayanan Kesehatan Primer Dinkes Provinsi Kepulauan Babel M Zaenuri mengimbau pemudik tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) dan vaksinasi booster, guna mencegah peningkatan kasus COVID-19 selama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Masyarakat khususnya pemudik tetap disiplin menjalankan prokes, karena virus corona ini masih ada," katanya.

Ia mengatakan meski kasus penularan virus corona ini sudah melandai, namun Dinas Kesehatan  Kepulauan Babel tetap bersinergi dengan instansi terkait untuk mencegah lonjakan COVID-19 pasca-mudik Lebaran/Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Jangan sampai terjadi lonjakan lagi, kita jaga stamina, kesehatan, kebersihan, pakai masker, dan cuci tangan," ujarnya. 

 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023