Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung memfokuskan pengamanan di jalur penyeberangan guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pemudik yang berangkat maupun datang ke Pulau Bangka.

"Pengamanan ini kami fokuskan di pelabuhan-pelabuhan penyeberangan yang kita ketahui bersama dari tahun ke tahun seperti di Tanjung Kalian Mentok merupakan titik yang rawan terjadi kepadatan," kata Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Irjen Pol Yan Sultra, Senin (17/4).

Terkait kepadatan di jalur penyeberangan, pihaknya sudah mengantisipasi sebelumnya seperti kelancaran pembelian tiket, termasuk sudah menambah zona penyangga agar berjalan lancar.

"Mudah-mudahan pada H-2 atau H-1 itu semua sudah terkendali. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Tanjung Api-Api karena ini juga akan berpengaruh ketika di sana ada hambatan, tentunya juga di sini terjadi hambatan," katanya.

Selain di Pelabuhan Tanjung Kalian, pihaknya juga fokus melakukan pengamanan di Pelabuhan Pangkalbalam, karena sejak H-7 penumpang kapal sudah mulai aktif karena kapal beroperasi setiap hari.

"Begitu juga untuk di Pelabuhan Tanjung Pandan rute Pangkalbalam maupun Jakarta sudah kami lakukan antisipasi agar berjalan lancar," ujarnya.

Baca juga: Arus Mudik - Polda Babel apel gelar pasukan Operasi Ketupat Menumbing 2023

Dalam pengamanan perayaan hari raya Idul Fitri ini, pihaknya melibatkan sebanyak 1.521 personel gabungan kepolisian, TNI, dan instansi terkait lain yang disebar di titik-titik konsentrasi mudik lebaran baik di pos pengaman maupun dijalur-jalur pengamanan lebaran seperti di pelabuhan, bandara serta titik-titik konsentrasi ekonomi.

"Kami juga sudah mendirikan 33 pos pengamanan, pelayanan dan pos terpadu dan semuanya hari ini sudah mulai tergelar, terutama pos di pelabuhan-pelabuhan penyeberangan," katanya.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023