Sebanyak 136 ekor sapi dari Provinsi Lampung didatangkan ke wilayah Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung guna memenuhi kebutuhan daging sapi bagi masyarakat setempat menyambut perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Pemenuhan daging dari 136 ekor sapi yang didatangkan tersebut mencapai kurang lebih 86 ton daging siap olah, jumlah sapi sebanyak itu diperkirakan dapat mencukupi kebutuhan masyarakat," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinpanpertan Bangka Krisnaningsih di Sungailiat, Senin.

Ratusan sapi yang masuk sebagian besar didatangkan dari Lampung dan dipastikan sudah melalui prosedur karantina untuk memastikan bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Sapi itu semuanya dinyatakan aman dan sudah disebar di sejumlah wilayah di Kabupaten Bangka," jelas dia.

Dilihat dari kebutuhan masyarakat akan daging untuk lebaran tahun ini walaupun terjadi fluktuasi harga tetapi terbilang tidak terlalu tinggi.

“Hanya saja para pedagang dapat mengatur, karena itulah gunanya kita menggelar operasi pasar dimana-mana untuk penekanan harga supaya pasar tidak menaikkan terlalu tinggi harga daging," kata dia

Untuk membantu masyarakat mendapatkan harga daging sapi yang terjangkau, pihaknya dimulai hari ini Senin (17/4) sudah melakukan penjualan daging di beberapa tempat di wilayah kecamatan seperti, di Kecamatan Puding Besar, Higienis Air Ruay dan Kantor Bupati Bangka semuanya dengan harga sama Rp150 ribu per kilogram.

"Dengan begitu pasar tidak semena-mena untuk menjual dengan harga tinggi dengan masyarakat yang membutuhkan," kata dia.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023