Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah melewati puncak Arus Mudik 2023 yang telah terjadi pada Rabu (19/40 atau tiga hari menjelang (H-3) Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 M.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung MZ Hendra Caya di Tanjung Pandan, Kamis, mengatakan puncak arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah, baik di Bandara Internasional H.AS Hanandjoeddin Belitung dan Pelabuhan Tanjung Pandan terjadi pada, Rabu (19/4).

"Puncak arus mudik memang berlangsung pada Rabu (19/4) kemarin di bandara ada sebanyak 2.000 penumpang dan pelabuhan sebanyak 389 penumpang," katanya.

Dia memastikan arus mudik Lebaran 2023,  baik yang masuk atau keluar dari Pulau Belitung menuju kota lain, baik melalui jalur penerbangan dan pelabuhan berjalan lancar.

"Kami pastikan arus mudik lebaran pada tahun ini seluruhnya berjalan lancar baik pemudik yang masuk dan keluar pulau Belitung," kata Hendra.

Hal ini disampaikan dia usai melakukan peninjauan di sejumlah posko pengamanan dan pelayanan Operasi Ketupat Menumbing 2023 di wilayah itu.

"Kami sudah melakukan peninjauan di sejumlah posko Operasi Ketupat Menumbing 2023 baik di bandara dan pelabuhan arus mudik Lebaran seluruhnya terpantau berjalan lancar," ujarnya.

Dirinya juga memastikan seluruh para pemudik di daerah itu dapat terlayani dengan baik, sehingga tidak terjadi penumpukan penumpang, baik di bandara maupun pelabuhan.

"Seluruh penumpang bisa terangkut dan terlayani dengan baik kami juga memastikan tidak terjadi penumpukan penumpang," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga melakukan persiapan guna menghadapi arus balik Lebaran 2023 di daerah itu.

"Selanjutnya kami akan mempersiapkan menghadapi arus balik Lebaran 2023 jadi kami imbau kepada para petugas di Posko Angkutan Lebaran 2023 tetap bersiap menghadapi arus balik nanti," katanya.

Pewarta: Kasmono/Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023