Sekretaris Daerah Pemkab Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Eddy Supriadi melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap ASN yang bertugas di tiga kantor pelayanan publik, pada hari pertama masuk kerja setelah libur Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Hari pertama masuk kerja kita ingin memastikan ASN di tiga kantor pelayanan publik sudah masuk kerja," ujarnya di Toboali, Rabu.

Tiga kantor pelayanan publik tersebut adalah RSUD, Puskesmas Toboali dan Disdukcapil sebagai kantor yang pelayanan publiknya sangat tinggi dibanding organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya.

"Hasil sidak kami, tercatat 95 persen ASN dinyatakan hadir pada hari pertama kerja untuk RSUD dan Disdukcapil. Sedangkan pegawai Puskesmas Toboali hadir 100 persen," ujarnya.

Sekda mengatakan ASN yang tidak hadir pada hari pertama kerja, karena mengambil cuti tahunan yang sudah diajukan jauh hari sebelumnya.

"Jadi kita bisa memaklumi karena ASN yang tidak hadir itu memang dalam masa cuti kerja," ujarnya.

Sekda mengatakan, sesuai dengan instruksi Presiden bahwa ASN dapat melakukan perpanjangan cuti demi menghindari kemacetan atau antrian yang menumpuk di pelabuhan maupun bandara.

"Tetapi saya kira pegawai kita yang dari luar Pulau Bangka persentasenya kecil, hanya sekitar tiga persen," ujarnya.

Selain pelayanan kesehatan, Sekda Bangka Selatan juga mendatangi Disdukcapil yang berurusan dengan administrasi kependudukan.

"Kalau pelayanan kesehatan, contohnya rumah sakit sistem kerjanya memang 24 jam melayani, tapi kalau pelayanan administrasi kita lihat apa saja yang akan diurus masyarakat, mulai dari administrasi kependudukan maupun administrasi lainnya," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi/Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023