Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menjaring 69 orang calon Duta Wisata Bujang Miak 2023, untuk memilih dan menetapkan 20 orang peserta.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif dan Sumber Daya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Delonix Regia di Sungailiat, Selasa, mengatakan 20 peserta terdiri 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan yang dinyatakan berhasil dalam penjaringan tahap awal diwajibkan menjalani proses karantina.

Materi awal seleksi semua peserta yang terdaftar, kata dia, mengikuti tes tertulis dan wawancara yang telah disiapkan oleh panitia.

Usai mengikuti karantina selama waktu yang ditentukan, 20 peserta akan kembali menjalani seleksi akhir untuk menentukan satu pasang Duta Wisata Bujang Miak 2023. Kali ini peserta menjalani seleksi ujian tertulis, wawancara dan seleksi game karena panitia akan melihat karakter dari masing-masing peserta.

"Tahapan seleksi akhir ditetapkan pada acara Grand Final Bujang Miak Kabupaten Bangka pada Agustus 2023 atau bersamaan ajang Expo Bangka 2023," jelasnya.

Duta Wisata Bujang Miak 2023, nantinya selama satu tahun bertugas membantu pemerintah mempromosikan pariwisata di Kabupaten Bangka ke tingkat provinsi atau di tingkat nasional.

"Setiap kegiatan pariwisata, Bujang Miak akan dilibatkan membantu mempromosikan kepariwisataan di Kabupaten Bangka baik secara langsung maupun melalui media sosial di akun yang mereka miliki," kata Delonix.

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023