Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Marudur Saragih mengajak pemerintah daerah setempat memperkuat sinergi sebagai modal pembangunan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Sinergitas antara Pemkab Bangka Barat dengan legislatif selama ini sudah berjalan dengan baik, namun perlu terus diperkuat agar pembangunan semakin baik dan meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat," kata Marudur Saragih di Mentok, Rabu.

Selain memperkuat sinergitas antara Pemkab dengan Legislatif, juga perlu menguatkan koordinasi dengan instansi terkait lain agar bisa bersama-sama bergerak untuk kepentingan masyarakat.

"Dalam sinergisitas ini harus ada inovasi kolaborasi, kemandirian daerah ini perlu kita tingkatkan supaya menjadi daerah yang mandiri, baik untuk ketahanan pangan, pengendalian inflasi sehingga masyarakat mendapat jaminan hidup sejahtera," ujarnya.

Ia mengatakan salah satu kegiatan penguatan ketahanan pangan melalui pasar tani yang digelar hari ini yang disertai dengan pemberian kartu tani, penyaluran bibit unggul durian merupakan salah satu contoh kegiatan pembangunan yang perlu terus dilakukan

"Ini menjadi salah satu pertanda pemerintah kita melakukan kerja baru, berinovasi, untuk meningkatkan ketahanan pangan karena ini program nasional yang direalisasikan di daerah," katanya.

Hal ini dikatakan Marudur Saragih pada sambutan kegiatan Rapat paripurna Hari Ulang Tahun Ke- 20 Kabupaten Bangka Barat yang digelar di Gedung Mahligai Betason II di Mentok, dengan tema "Dengan Kebersamaan Kita Wujudkan Bangka Barat Maju, Sejahtera, Dan Bermartabat".

Wakil Bupati bangka Barat Bong Ming Ming mengatakan usia 20 tahun Kabupaten Bangka Barat adalah perjalanan yang cukup panjang dan bukan hal yang singkat serta mudah.

"Kita mengalami pemangkasan anggaran dari Pusat, hal ini bukanlah hal yang mudah, namun berkat dukungan DPRD Bangka Barat dan doa masyarakat salah satu program pemerintah daerah berupa berobat gratis dapat dilaksanakan, bahkan hampir mencapai 100 persen," kata Bong Ming MIng.

Ia mengatakan saat ini masih banyak permasalahan yang belum mampu diselesaikan pemerintah karena keterbatasan anggaran, namun pemerintah akan tetap berupaya sekuat tenaga agar tetap bisa melaksanakan program dan kegiatan lain yang diharapkan mampu meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan warga.

"Kita tidak akan berhenti karena permasalahan tersebut, terbukti kerja sama yang baik antara pemerintah dengan DPRD dua tahun terakhir masih bisa memberikan banyak hal untuk masyarakat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023