Koba (Antara Babel) - Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, siap menggelar lelang terbuka jabatan sekretaris daerah.

"Sekarang ini kami sedang membentuk panitia seleksi jabatan pejabat tinggi yang akan menguji calon sekda," kata Pelaksana Tugas Sekda Bangka Tengah Saimi di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan anggota tim pansel berjumlah lima orang yang direkrut dari para akademisi, yaitu dari IPDN, UNPAD, UBB, dan pihak Pemprov Babel.

"Lelang jabatan ini digelar secara terbuka, calon bisa dari berbagai daerah di Indonesia dan diumumkan ke publik melalui media massa," ujarnya.

Ia menjelaskan di antara syarat untuk mengikuti lelang jabatan sekretaris daerah minimal golongan IV B dan pernah minimal dua kali menjadi kepala SKPD.

"Di Bangka Tengah tercatat ada  sembilan pejabat yang memenuhi syarat untuk mengikuti lelang jabatan sekda tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan lelang jabatan sekda benar-benar murni dan tidak bisa diarahkan karena tim seleksinya dari lembaga independen.

"Seleksi secara terbuka, maka tidak bisa diarahkan karena semua pejabat yang memenuhi syarat bisa masuk bursa calon kendati bukan dari Bangka Belitung," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016