Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Senaidi memastikan dua orang calon haji cadangan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekah.

"Dua dari tujuh orang calon haji cadangan dipastikan berangkat setelah ada penambahan kuota," katanya di Sungailiat, Jumat.

Sedangkan tiga calon hai cadangan lainnya masih menunggu petunjuk teknis terkait kelompok terbang (kloter) dan dua orang cadangan terpaksa ditunda keberangkatan, karena sakit.

"Kita berharap petunjuk teknis tersebut segera diterima dari Kementerian Agama, sehingga tiga orang calon haji yang masuk cadangan dapat diberangkatkan ke Tanah Suci," kata dia.

Tercatat jumlah calon haji asal Kabupaten Bangka tahun 2023 sebanyak 262 orang, dengan usai tertua 89 tahun dan termuda 22 tahun.

"Jamaah calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang 10 masuk ke asrama haji Kota Pangkalpinang pada 5 Juni dan 6 Juni 2023 diberangkatkan ke Mekah melalui embarkasi Palembang, Sumatera Selatan," katanya.

Senaidi mengatakan ratusan calon haji asal Bangka yang tercatat tersebut tidak termasuk Bupati Bangka Mulkan bersama istrinya, karena yang bersangkutan menunaikan haji Furoda, lewat Jakarta melalui rombongan khusus.

"Kita doakan semoga calon haji dapat menjalankan semua rangkaian ibadahnya berjalan lancar hingga kepulangan dan menjadi haji yang mabrur," kata Senaidi.

Dia mengingatkan seluruh jamaah calon haji untuk menjaga kesehatan dan membawa barang yang diperlukan saja, karena berat barang bawaan haji dalam kopor dibatasi.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023