Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu memberikan pengarahan kepada calon jemaah haji Belitung, guna memberikan pesan kepada calon jemaah haji selama beribadah di Tanah Suci. 

"Saya berpesan untuk selalu bersabar, fokus, dan kompak," kata Pj Gubernur Suganda di Tanjungpandan, Sabtu. 

Ia mengatakan sangat penting bagi calon jemaah haji untuk selalu sabar, sebab para jemaah haji ini nantinya akan melaksanakan ibadah bersama jutaan umat muslim dari berbagai negara lainnya, dengan latar belakang yang berbeda, sehingga untuk menghadapi itu, butuh kesabaran agar dapat menunaikan ibadah haji hingga tuntas dan tetap khusyuk.

Ia menyatakan agar jemaah tetap fokus beribadah selama di tanah suci, dan mengesampingkan hal-hal lain yang tidak termasuk dalam runutan ibadah haji, sebab kesempatan ibadah haji adalah momen istimewa yang belum tentu didapatkan oleh semua orang.

"Bapak/Ibu dipanggil ke tanah suci, adalah kesempatan yang patut disyukuri, sebab di dunia, bahkan mungkin di Belitung ini ada yang ingin sekali beribadah haji namun belum mendapatkan kesempatan seperti Bapak/Ibu. Maka, manfaatkanlah kesempatan ini dengan fokus hanya untuk beribadah, dan kesampingkan hal lain selain niat ibadah," katanya. 

Ia berpesan agar calon jemaah haji dapat selalu kompak, saling menjaga, dan tertib, sebab para jemaah haji asal Belitung tidak hanya membawa nama Bangka Belitung, namun juga membawa nama jemaah haji Indonesia.

"Saya titip Bapak/Ibu, selama di tanah suci harus kompak, peduli dengan sesama jemaah dan tetap tertib, sebab Bapak/Ibu bukan hanya membawa nama Belitung, tapi juga nama Indonesia," katanya. 

"Bapak, Ibu, sehat-sehat ya di sana, semoga selamat juga kembali ke sini. Doakan kami disini Pak, Bu, kami titip doakan juga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kita ini," katanya. 

Sementara itu Belitung tahun ini memberangkatkan 112 orang jemaah haji, dengan rincian 49 orang laki-laki dan 63 orang perempuan, dengan rentang usia 19-84 tahun.

Secara teknis, calon jemaah haji asal Belitung akan diberangkatkan ke Pangkalpinang bersama jemaah haji asal Belitung Timur hari ini, Sabtu (03/06), untuk kemudian diinapkan di Asrama Haji Pangkalpinang dan melakukan sejumlah pemeriksaan kesehatan, sebelum akhirnya diberangkatkan ke Embarkasi Palembang.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023