Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu melepas 360 calon haji menuju ke Embarkasi Palembang di Provinsi Sumatera Selatan pada Minggu.

Calon haji yang diberangkatkan ke Embarkasi Palembang meliputi 112 orang dari Belitung, 26 orang dari Belitung Timur, 100 orang dari Bangka Selatan, 114 orang dari Bangka Tengah, tiga petugas haji daerah, dan lima petugas kelompok terbang (kloter).

Mereka akan diberangkatkan ke Kota Madinah di Arab Saudi dari Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II di Kota Palembang.

"Saya berpesan kepada calhaj untuk senantiasa meniatkan ibadah hanya semata-mata karena Allah SWT," kata Suganda.

"Saya berharap calhaj dapat melaksanakan ibadahnya dengan tenang, sabar, tawaduk, serta menghindari pantangan/larangan selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci nanti," katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tumiran Ganefo berpesan kepada jamaah untuk menjaga kesehatan selama berada di Tanah Suci.

"Perbanyak konsumsi air putih serta buah agar tidak mengalami dehidrasi selama menjalankan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci nanti," katanya.

Erna binti Alifas (62), calon haji asal Bangka Selatan, bersyukur akhirnya bisa berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji.

"Alhamdulillah, alhamdulillah, senang dan gembira bisa berangkat tahun ini setelah tertunda. Harusnya saya berangkat 2020, namun karena COVID-19 tidak jadi," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023