Plt Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepulauan Babel, Dwi Setyo Budi Utomo melepas keberangkatan 355 calon jamaah haji kloter tiga yang akan diberangkatkan ke embarkasi Palembang untuk kemudian diberangkatkan ke Saudi Arabia bersama calon jemaah lainnya asal Palembang.

"Babel sama dengan tahun sebelumnya selalu memfasilitasi kebutuhan para jamaah baik dari akomodasi logistik kargo dan makan minum, keberangkatan sampai Kepulangan," kata Dwi Setyoa dalam sambutannya saat melepas keberangkatan para calon jamaah, di Pangkalpinang, Selasa.

Ia berharap kepada para jemaah untuk meluruskan niat bahwa haji hanya untuk Allah dan bersihkan hati jauhkan perkataan yang sia-sia dan amalkan ilmu-ilmu yang dipelajari selama manasik dan laksanakan ibadah haji dengan tenang, sabar dan tawadhu. 

"Jagalah pandangan dan pantangan selama beribadah haji. Semoga haji yang dilaksanakan diterima oleh Allah," ujarnya.

Plt Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU), Ridwan Yuniarto mengatakan tahun ini calon jamaah haji asal Babel yang berangkat ada 1.054 jamaah. Dua kloter sebelumnya sudah berangkat dan kloter ketiga ini hanya ada 355 calon jamaah.

"Untuk kloter tiga ini jamaah asal kabupaten Bangka yang berangkat ada 263 orang, Kota Pangkalpinang ada 86 orang dan asal Bangka tengah 2 orang, kelompok bimbingan haji dan umroh (KBIU) 1 orang dan PHD 3 orang," ujarnya.

Selain itu ada juga 53 calon jamaah haji lansia yang di berangkatkan tahun ini lebih cepat dari urutan kursi atau jadwal mereka, sesuai amanat Kemenag RI, lansia ini di tarik semuanya dari antrean Haji untuk diberangkatkan lebih awal yakni tahun ini.

"Calon jamaah haji kloter tiga ini dipandu dan dipimpin oleh Sekda Babel, Naziarto yang turut menjadi tim petugas haji daerah (TPHD) Babel. Saya ucapkan selamat pergi, selamat pulang dalam keadaan sehat walafiat dan semoga menjadi haji yang mabrur," ujarnya.

Sekda Babel, Naziarto mengakui dirinya berangkat haji dibiayai oleh Pemprov Babel bersama 8 petugas lainnya dimana setiap kloter ada 3 petugas TPHD dan Ia mendampingi kloter 3 terakhir yang berangkat.

"Hari ini saya berangkat haji di biayai Pemprov Babel karena saya tergabung dalam tim pendamping haji daerah (TPHD) Babel bersama 2 orang lainnya," kata Sekda Naziarto kepada awak media sebelum berangkat menuju embarkasi Palembang bersama ratusan jamaah lainnya, Selasa.

Selama menjalankan ibadah haji sekaligus menjadi pendamping haji, Naziarto meminta Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Setda Pemprov Babel, Sunardi yang ditunjuk sebagai Plh Sekda Babel dapat menjalankan tugasnya dengan cermat.

"Semua pekerjaan saya selaku Sekda sampai tadi malam sudah saya selesaikan dan semua berkas yang ada sudah saya tandatangani, tidak ada lagi yang tersisa. Saya minta tolong kepada Pak Sunardi agar bekerja dengan cermat dan hati-hati, be carefully karena untuk administratif bukanlah hal yang gampang dan harus teliti, harus jeli serta harus bisa melihat legalitas dari setiap tata persuratan tersebut jangan sampai salah kaprah, sehingga kita bisa melaksanakan tugas dengan benar dan baik," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023