Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memastikan sebanyak 20.314 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat di daerah itu siap mengelar ujian nasional pada 09 Mei 2016.

"Saat ini persiapan UN di 247 sekolah tingkat SMP/MTs negeri dan swasta sudah siap, tinggal menunggu hari H pelaksanaan UN tersebut," kata Kepala Disdik Provinsi Kepulauan Babel, M. Sholeh di Pangkalpinang, Rabu.

Demikian juga, persiapan UN siswa paket B dan SMP LB yang tersebar di Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang, sudah siap mengelar ujian nasional yang akan digelar secara serentak.

Ia mengatakan jumlah peserta UN paket B sebanyak 1.584 orang, SMP LB sebanyak 12 siswa.

"Kita berharap anak didik peserta UN untuk lebih meningkatkan persiapan, agar mendapatkan nilai kelulusan baik," ujarnya.

Ia mengatakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMP tahun ini akan digelar di 10 sekolah dengan rincian tiga sekolah di Pangkalpinang, dua sekolah di Kabupaten Bangka, dua sekolah Bangka Barat, dua sekolah di Bangka Selatan dan satu sekolah di Kabupaten Belitung.

"Pada tahun ini masih banyak sekolah yang belum gunakan UNBK, kendalanya karena kesiapan perangkat komputer yang belum memadai, kesiapan sekolah juga dari guru maupun siswanya menjadi kendala mereka belum menggunakan UNBK," ujarnya.

Ia menargetkan, pada 2018 semua SMP/MTs  sudah menggunakan UNBK dan diharapkan tahun depan jumlah sekolah yang gunakan UNBK bertambah," harapnya.

Pewarta: Septi Artiana

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016