Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar aksi membersihkan pantai dan menanam pohon yang melibatkan ratusan pelajar serta kalangan ASN.

"Aksi bersih pantai dan menanam pohon ini bagian dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Beltim Novis Ezuar di Manggar, Sabtu.

Ia menjelaskan, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni 2023 tahun ini mengangkat tema "Kendalikan Plastikmu" untuk mengajak masyarakat mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

"Tema tersebut sekaligus kita kampanyekan kepada warga untuk memanfaatkan sampah plastik dan membersihkan ruang-ruang publik serta kawasan objek wisata dari sampah plastik," ujarnya.

Pihaknya menyiapkan ratusan kantong plastik dan melibatkan ratusan pelajar menyisir ruang publik serta kawasan pantai untuk memungut semua sampah dari plastik.

"Kemudian kita juga menggelar aksi menanam pohon di kawasan pantai dan ruang publik, dalam rangka mewujudkan lingkungan asri dan ruang terbuka hijau," ujarnya.

Ia mengatakan Hari Lingkungan Hidup yang diperingati setiap 5 Juni merupakan momentum penting untuk merenungkan dampak negatif yang diberikan kepada bumi.

"Momentum ini juga sekaligus untuk membangun kepedulian dan tindakan berkelanjutan terhadap lingkungan hidup," ujarnya.

Sesuai dengan tema "Kendalikan Plastikmu", Novis berharap dapat berhasil mencapai tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait sampah plastik serta menginspirasi tindakan nyata untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

"Kami berharap masyarakat terus menjaga semangat ini dan berkontribusi pada perlindungan lingkungan hidup yang lebih baik di masa depan," ujar Novis.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023