Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memprakirakan pada Sabtu (30/4) ketinggian gelombang perairan di provinsi ini masih aman.

"Ketinggian gelombang masih terpantau normal seiring dengan embusan angin yang cukup tenang sehingga aman untuk berlayar," kata Staf Koordinator Unit Analisis BMKG Pangkalpinang, Evi Diana Prihatiningsih, Jumat.

Tinggi gelombang signifikan di perairan Selat Bangka, Selat Gelasa, Utara Bangka dan Selatan Bangka berkisar 0,25 meter, sedangkan di Selat Karimata berkisar 0,5 meter, sementara itu kecepatan angin berkisar antara 10-35 kilometer per jam.

Ia mengimbau agar nelayan dan jasa angkutan transportasi laut untuk tetap waspada dan jangan lupa membawa perlengkapan keselamatan sebagai antisipasi dini dalam menghadapi bahaya di laut karena tinggi gelombang maksimum dapat mencapai dua kali tinggi gelombang signifikan.

"Ketinggian gelombang tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung arah dan kecepatan angin," ujarnya.

Sementara itu pasang air laut di Membalong Kabupaten Belitung 2,42 meter, di Toboali Bangka Selatan 2,10 meter, di Sungailiat Bangka 2,42 meter, di Kelapa Kampit Belitung Timur 1,79 meter.

Kemudian di Tanjungpandan Belitung 1,67 meter, di Belinyu Bangka 1,65 meter, dan di Mentok Bangka Barat 1,73 meter.

Ia mengatakan, dua daratan yang berpotensi hujan dengan intensitas sedang yaitu Kabupaten Bangka dan Bangka Barat, sedangkan Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung dan Kabupaten Belitung Timur, dan Kota Pangkalpinang berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

Pewarta: Mulki

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016