Pangkalpinang (Antara Babel) - DPRD Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyarankan Wali Kota setempat untuk melakukan rotasi atau pergantian terhadap jabatan kepala SKPD supaya seluruh program Pemkot Pangkalpinang bisa berjalan lancar.

"Pergantian kepala SKPD ini bukan masalah suka atau tidak suka, tetapi ini adalah untuk kepentingan Kota Pangkalpinang supaya program wali kota bisa berjalan semuanya. Ini kami harapkan di masa pengabdian wali kota yang mungkin tinggal beberapa waktu lagi harus meninggalkan kesan yang baik," kata Wakil Ketua DPRD Kota Pangkalpinang, Abang Hertza, Jumat.

Ia mengatakan, secara umum pencapaian Pemkot Pangkalpinang sudah baik, hanya saja ada berapa hal yang sampai saat ini tidak tercapai. Hal ini dikarenakan kurang ditunjangnya oleh beberapa kepala SKPD yang tidak menjalankan program-program yang dicanangkan oleh wali kota.

"Memang wali kota tidak berati apa-apa tanpa ditunjang dari bawahnya, namun jika kepala daerah sudah baik tapi bawahannya tidak itu sama saja tidak ada apa-apa nya," katanya.

Mengenai hal tersebut, pihaknya meminta kepada wali kota untuk lebih mengkritisi bawahannya sehingga kepala SKPD tidak hanya berjalan di tempat.

"Kami lihat di sini kepala SKPD tidak mengimbangi gerak cepat yang ingin dilakukan oleh pemerintah kota khususnya kepada wali kota dan wakilnya," ujarnya.

Menurutnya, keberhasilan kepala daerah harus ditopang oleh pekerjanya yaitu PNS, kepala dinas maupun kepala badan dan sebagainya. Jika bawahannya berhasil maka berhasil pula pemeritahannya, percuma program yang baik tapi kinerja bawahannya jelek maka tidak ada artinya.

"Intinya kami dari DPRD mengkritisi kinerja para SKPD, wali kotanya sudah cukup baik dengan program-program yang disampaikan mulai dari penganggaran kepada masyarakat itu sudah cukup baik, tapi menurut pengamatan kami  masih ada SKPD yang jalan ditempat dan kurang optimal dalam melaksanakan tugas dan fungsinya," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016