Pangkalpinang (Antara Babel) -  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengeluarkan peringatan dini bakal terjadinya hujan sedang hingga lebat disertai petir pada Senin (2/5).

"Kami mengimbau warga mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir yang berpeluang terjadi di empat daratan di provinsi ini," kata Staf Koordinator Unit Analisis Kantor BMKG Pangkalpinang Tri Yulianto Pangkalpinang, Minggu.

Empat daratan tersebut, yaitu Kabupaten Bangka Barat, Bangka, Kabupaten Belitung, dan Kota Pangkalpinang, sedangkan Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Selatan, dan Belitung Timur hanya berpotensi hujan ringan.

Kecepatan angin di provinsi ini berkisar 6 sampai dengan 20 kilometer per jam dengan suhu udara 24 s.d. 31 derajat Celcius dan kelembapan udara 68 s.d. 100 persen, sedangkan untuk arah angin dari Timur Laut ke Tenggara.

Sementara itu, tinggi gelombang signifikan di Selat Bangka dan Utara Bangka berkisar 0,25 meter, di Selat Gelasa dan Selatan Bangka berkisar 0,5 meter dengan kecepatan angin berkisar 10 s.d. 32 kilometer per jam, sedangkan di Selat Karimata berkisar 0,75 meter dengan kecepatan angin berkisar 15 s.d. 35 kilometer per jam.

"Ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali dari ketinggian gelombang signifikan. Maka itu, diharapkan nelayan atau pun pengguna jasa angkutan tetap waspada," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, nelayan jangan lupa untuk selalu membawa perlengkapan keselamatan saat hendak melaut karena bahaya bisa datang kapan saja.

"Pasang dan ketinggian air laut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada arah dan kecepatan angin yang bertiup. Waspadai kondisi cuaca yang cepat berubah," ujarnya.

Pewarta: Mulki

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016