Pangkalpinang (Antara Babel) -  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang, memprakirakan seluruh daratan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih berpotensi hujan ringan hingga sedang pada Rabu (4/5).

"Sejak kemarin daratan di provinsi ini masih berpotensi diguyur hujan, diimbau warga tetap waspada dengan kondisi cuaca terutama pada skala lokal atau setempat yang cepat berubah " kata Staf Koordinator Unit Analisa Kantor BMKG Pangkalpinang, Nur Setiawan, Selasa.

Hujan dengan intensitas sedang berpotensi terjadi di Kabupaten Bangka, Belitung dan Kota Pangkalpinang, sedangkan Kabupaten Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Belitung Timur berpotensi hujan ringan.

Kecepatan angin di provinsi ini berkisar 6-20 kilometer per jam dengan suhu udara 24-1 derajat celcius dan kelembaban udara 65-98 persen, sedangkan untuk arah angin dari Timur Laut ke Tenggara.

Sementara itu, tinggi gelombang signifikan di Selat Bangka dan Utara Bangka masing-masing berkisar 0,25 meter, di Selat Gelasa dan Selatan Bangka berkisar 0,5 meter, sedangkan di Selat Karimata berkisar 0,75 meter, kecepatan angin rata-rata 10-35 kilometer per jam.

"Ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali dari ketinggian gelombang signifikan, dan itu bisa terjadi kapan saja sebab ketinggian gelombang laut tergantung arah dan kecepatan angin yang berembus," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, nelayan jangan lupa untuk selalu membawa perlengkapan keselamatan saat hendak melaut karena bahaya bisa datang kapan saja.

"Sebaiknya periksa dulu alat keselamatan ketika hendak melaut apakah sudah lengkap atau belum agar dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama berlayar atau melakukan aktivitas di laut," ujarnya.

Pewarta: Mulki

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016