Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memprakirakan ketinggian gelombang perairan Babel pada Jumat(6/5) masih aman.

"Ketinggian gelombang di perairan Babel masih terpantau normal seiring dengan embusan angin yang cukup tenang sehingga aman untuk berlayar," kata Staf Koordinator Unit Analisis BMKG Pangkalpinang, Deas Achmad Rivai di Pangkalpinang, Kamis.

Tinggi gelombang signifikan di perairan Selat Bangka, Selat Gelasa, Selatan Bangka dan Utara Bangka berkisar 0,25 meter, sedangkan di Selat Karimata berkisar 0,75 meter, sementara itu kecepatan angin berkisar antara 10-35 kilometer per jam dari Timur Laut ke Tenggara.

Ia mengimbau agar nelayan dan jasa angkutan transpor laut untuk tetap waspada dan jangan lupa membawa perlengkapan keselamatan sebagai antisipasi dini dalam menghadapi bahaya di laut karena tinggi gelombang maksimum dapat mencapai dua kali tinggi gelombang signifikan.

"Pasang dan ketinggian air laut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung arah dan kecepatan angin yang bertiup," ujarnya.

Sementara itu, seluruh daratan di provinsi ini berpotensi hujan dengan intensitas ringan dengan kecepatan angin berkisar 6-20 kilometer per jam, suhu udara 24-32 derajat celcius dan kelembaban udara 64-97 persen.

"Meskipun hanya berpotensi hujan ringan namun kami imbau untuk tetap waspada terhadap kondisi cuaca terutama pada skala lokal atau setempat yang cepat berubah," ujarnya.

Pewarta: Mulki

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016