Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong percepatan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Thorium (PLTT) di Pulau Gelasa Kabupaten Bangka Tengah, guna memperkuat ketersediaan energi daerah dan nasional.

"Jika PLTT ini terwujud maka energi yang dihasilkan tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan listrik di Babel tetapi juga energi nasional," kata Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Suganda Pandapotan Pasaribu usai mendengar pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan dalam pidato tahunan Presiden Joko Widodo dalam rangka HUT Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia mendorong hilirisasi melalui transfer tekonologi yang memanfaatkan sumber energi baru dan terbarukan untuk meminimalisir dampak lingkungan.

"Mudah-mudahan pembangunan PLTT ini terwujud di Kepulauan Babel ini," katanya.

Menurut dia Pemprov Kepulauan Babel bersama Dewan Energi Nasional dan Badan Nuklir Nasional tengah menyosialisasikan wacana PLTT, guna mengedukasi masyarakat terkait tenaga listrik terbarukan ini.

"Kami melalui Program Gubernur Langsung Eksekusi Kerja Bersama Membangun Bangka Belitung (Gule Kabung) menyosialisasikan wacana PLTT ini, agar masyarakat paham dan  tidak ada lagi ketakutan akan yang namanya tenaga nuklir ini," katanya.

Ia menilai sosialisasi PLTT melalui Program Gule Kabung ini sudah tepat, karena dirinya bersama kepala organisasi perangkat daerah, Forkopimda dan instansi terkait lainnya turun langsung ke masyarakat melakukan berbagai program diantaranya penanganan stunting, kemiskinan, inflasi termasuk menyolisasikan program-program pemerintah.

"Kegiatan sosialisasi seperti ini yang masyarakat butuhkan dan untuk energi terbarukan ini, kami bersama Dewan Energi Nasional serta Badan Nuklir Nasional sudah membahasnya," katanya.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi/Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023