Upacara Penurunan Bendera Merah Putih melengkapi rangkaian Peringatan Hari Kemerdekaan Ke-78 Republik Indonesia (RI) di halaman kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (17/8) sore, pukul 17.00 WIB.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Irjen Pol Yan Sultra bertindak selaku Inspektur Upacara Penurunan Bendera Merah Putih. 

Turut hadir dalam upacara yang berlangsung khidmat tersebut, antara lain Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu beserta Ibu Maya Suganda, Forkopimda Provinsi, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Naziarto beserta Ibu Sri Rahayu Mulya, serta para kepala Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal di lingkungan Pemprov Babel.

Upacara berjalan tertib, dengan Komandan Upacara, AKBP M. Ikhwan Lazuardi Indra SI.K. dengan tegas, derap kaki para Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Babel berhasil dengan baik menjalankan tugas menurunkan bendera Merah Putih dan menyerahkannya kembali kepada Inspektur upacara.

Pj Gubernur Babel Suganda Pandapotan Pasaribu menyampaikan apresiasi atas tugas yang telah dilaksanakan dengan baik sejak latihan hingga puncak peringatan HUT ke-78 RI. 

Ia berpesan kepada generasi muda Babel untuk tetap dipahami dan dipelajari perjuangan bangsa ini dalam mempertahankan persatuan dan kesatuan.

"Untuk pelaksanaan HUT ke-78 RI ini, mari kita menjaga persatuan dan kesatuan untuk seluruh elemen, baik itu masyarakat serta anak bangsa yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," katanya. 

Pada momen yang sama, Pj Gubernur Suganda mengakhiri Upacara Penurunan Bendera dengan suka cita. Tampak dirinya bersama istri Ibu Maya Suganda menyanyi bersama dengan Paduan Suara Gita Bahana Provinsi Babel yang membawakan lagu-lagu daerah.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023