Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengimbau para pedagang yang memanfaatkan momentum lomba dan pawai pembangunan yang digelar untuk memperingati HUT ke-78 RI, agar ikut berperan aktif menjaga kebersihan Kota Pangkalpinang.

"Kami minta para pedagang di sepanjang rute pelaksanaan pawai dan karnaval pembangunan bisa menjaga kebersihan dan tidak mengganggu fasilitas umum," kata Ketua Pelaksana Pawai dan Karnaval Pembangunan Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Babel Azami Anwar di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan kegiatan lomba baris-berbaris, karnaval pembangunan, dan pawai kendaraan hias, selalu dipenuhi masyarakat yang ingin melihat dan merasakan langsung kemeriahan kegiatan itu.

Saat seperti itu, dikatakannya. memberikan kesempatan bagi warga untuk berdagang berbagai makanan, minuman, dan barang-barang lainnya, di sepanjang jalan yang dilalui peserta kegiatan.

"Para pedagang silakan berjualan, namun kami minta tetap menjaga kebersihan, meskipun sudah ada petugas kebersihan yang diturunkan, namun jumlah personel terbatas sehingga harus ada kesadaran dari para pedagang dan masyarakat," ujarnya.

Azami mengatakan Dinas Pendidikan Provinsi Babel sebagai panitia besar pawai dan karnaval pembangunan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Kehutanan, menerjunkan petugas kesehatan dan petugas kebersihan agar pelaksanaan pawai dan karnaval pembangunan berlangsung aman, lancar dan tertib.

Selain dapat menjaga kebersihan, masyarakat dan para pedagang juga diharapkan tidak merusak fasilitas umum dan menggunakannya secara bijaksana.

"Kita merayakan ulang tahun Republik Indonesia ini sengaja untuk menumbuhkan semangat cinta tanah air dan kebersamaan, dengan berperilaku tertib dan tidak mengganggu atau merusak fasilitas umum merupakan salah satu usaha kita dalam melaksanakan cinta Tanah Air tersebut," katanya.

Lomba baris-berbaris yang digelar Pemprov Babel berlangsung hari ini, sedangkan untuk pawai pembangunan dan kendaraan hias direncanakan digelar pada Senin (28/8) di Kota Pangkalpinang.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023