Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya menggali nilai-nilai perjuangan pahlawan sekaligus menumbuhkan semangat nasionalisme dan sportivitas semakin tumbuh pada diri masyarakat melalui berbagai lomba.

"Kami berharap melalui berbagai lomba yang kita gelar dalam rangka memperingati ulang tahun ke-78 Republik Indonesia ini, masyarakat semakin memaknai nilai perjuangan dan semangat sportivitas semakin tumbuh pada diri masyarakat," kata penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Suganda Pandapotan di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia berpesan kepada para peserta agar berlomba secara sportif, mampu memaknai lomba untuk mengokohkan rasa cinta tanah air, menumbuhkan nilai-nilai perjuangan dan membangun semangat kebangsaan.

Hai ini Pemprov Babel menggelar lomba baris-berbaris yang diikuti sebanyak 153 peserta tingkat SD, SMP, SMA/SMK, perguruan tinggi, instansi pemerintah dan perusahaan di Kota Pangkalpinang.

Melalui kegiatan itu Suganda mengajak generasi muda memiliki semangat dalam menjaga kesatuan bangsa tanpa membeda-bedakan satu dengan yang lainnya.

"Peserta pawai tahun ini meningkat dari tahun lalu. Saya berikan semangat dan dukungan agar mereka selalu bergembira dan bersuka cita bersama," katanya.

Ketua Pelaksana Pawai dan Karnaval Pembangunan Provinsi Babel Azami Anwar mengatakan sebanyak 153 peserta yang ikut lomba baris berbaris, terdiri dari 57 peserta sekolah dasar, SMP 32 peserta, SMA/SMK 59 peserta dan instansi atau umum lima peserta.

Lomba dimulai dari Tugu Nol Kilometer Pangkalpinang dan berakhir di Masjid Muhajirin Pangkalpinang.

Di pawai baris berbaris ini peserta dapat menampilkan kreativitas unggulan dari masing-masing regu serta wajib menyerahkan tema regu kepada panitia saat pendaftaran dan dilarang menampilkan gambar/tulisan yang mengandung unsur SARA.

"Alhamdulillah persiapan kita sudah maksimal dan diupayakan dapat berjalan lancar meski masih ada kekurangan karena tidak akan mungkin semuanya sempurna. Yang pasti peserta tahun ini lebih banyak dibanding tahun kemarin," ujarnya.

Selain lomba baris berbaris yang dilaksanakan hari ini, Pemprov Babel juga akan menggelar karnaval pembangunan yang akan dilaksanakan Senin (28/8).

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023