Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel) akan menyalurkan bantuan kepada 700 warga fakir miskin menjelang puasa Ramadhan.

"Masing-masing warga miskin akan mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp350 ribu per orang," ujar Ketua Baznas Kota Pangkalpinang Zulkarnain Kadir di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan, sebanyak 700 warga fakir miskin itu dengan rincian 100 orang per kecamatan, yaitu Kecamatan Gabek, Pangkalbalam, Taman Sari, Gerunggang, Bukit Intan, Rangkui dan Kecamatan Girimaya.

"Bantuan uang tunai ini untuk membantu fakir miskin memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam menyambut puasa Ramadhan," ujarnya.

Ia mengatakan, bantuan kepada warga miskin ini merupakan kegiatan tahunan Baznas menjelang puasa Ramadhan, sehingga fakir miskin bisa menyambut bulan suci dengan suka cita.

"Pada tahun ini besaran bantuan dinaikkan menjadi Rp350 ribu per orang yang sebelumnya hanya Rp250 per orang," ujarnya.

Menurut dia, pihaknya menaikkan besaran bantuan mengingat harga berbagai kebutuhan seperti beras, minyak goreng, daging sapi, ayam dan lainnya mengalami kenaikan yang cukup tinggi, misalnya harga daging sapi mencapai Rp95 ribu dari harga tahun sebelumnya Rp70 ribu per kilogram.

Selain itu, bantuan dinaikkan untuk menekan dampak dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) terhadap ekonomi warga fakir miskin.

"Kenaikan harga BBM ini akan berdampak naiknya harga barang dan jasa, menggingat Babel merupakan wilayah kepulauan yang masih mengandalkan pasokan barang dari luar daerah yang membutuhkan biaya transportasi yang tinggi," ujarnya.

Ia berharap bantuan itu akan mengurangi beban fakir miskin dalam memenuhi kebutuhan menyambut bulan suci Ramadhan.

"Kami tidak menginginkan ada fakir miskin yang sedih karena tidak mampu membeli lauk pauk untuk menyambut puasa pertama," ujarnya.    
Ia mengatakan, dana bantuan yang disalurkan kepada fakir miskin tersebut merupakan zakat mal yang berhasil dikumpulkan Baznas Kota Pangkalpinang.

Penerimaan zakat dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) se-Kota Pangkalpinang pada Januari hingga Mei 2013 sebesar Rp315.512.389 dengan rata-rata penerimaan berkisar Rp60 juta hingga Rp66 juta per bulan.

Sementara itu, pengeluaran dari zakat pada Januari hingga Mei 2013 sebesar Rp224.099.000 yang disalurkan kepada Kas OPZ, fisabilillah, fakir miskin, mu'allaf, biaya berobat fakir miskin dan lainnya.

"Saat ini saldo zakat sebesar Rp505.095.045 yang akan digunakan untuk peningkatan kesejahteraan, kesehatan dan pendidikan masyarakat miskin," ujarnya.

Pewarta: Pewarta :Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013