Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu menyempatkan diri meninjau langsung potensi wisata pantai pulau besar, dalam kunjungan kerjanya di Desa Batu Betumpang Kecamatan Pulau Besar, Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (5/09/2023).

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur Suganda mendengar langsung harapan dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) pantai pulau besar, yang juga disampaikan oleh Camat Pulau Besar Maryanto, tentang keinginannya untuk kembali menata ulang objek wisata kebanggaan daerahnya.

Bukan tanpa potensi, objek wisata pantai pulau besar memiliki beberapa keunikan tersendiri, utamanya adalah situs bersejarah mercusuar yang dibangun pada masa Kerajaan Belanda atau di bawah pemerintahan William III pada Tahun 1888.

Dahulu, diketahui mercusuar setinggi 72 mdpl tersebut berfungsi sebagai rambu-rambu lalu lintas kapal, mengingat pada masa itu Kepulauan Bangka Belitung menjadi jalur utama lalu lintas kapal. Hal ini tentu sangat menarik bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai sekaligus mengulas sejarah.

Hal tersebut memantik perhatian Pj Gubernur, yang ingin agar objek wisata pantai pulau besar mendapat perhatian khusus untuk segera dilakukan pembenahan. Diantaranya, Pj Gubernur Suganda menyebut agar Camat Pulau Besar mengajukan proposal tertulis, diantaranya berupa jembatan penyeberangan. Sebab, untuk dapat menuju menara, wisatawan harus menyeberang dari garis pantai menuju pulau dengan jarak tidak kurang dari 200 meter.

"Ini segera dibuatkan kajiannya, diajukan, diusulkan, ini menarik dan menjadi bagian dari sejarah di Kepulauan Bangka Belitung," kata Pj Gubernur.

Selain itu, baik pantai maupun lahan tambaknya, Kecamatan Pulau Besar juga memiliki kontur yang cocok untuk ditanami mangrove, terlihat dari beberapa mangrove yang masih hidup, Pj Gubernur juga menyarankan untuk dapat disinergikan dengan program yang ada di Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi, untuk dapat segera mendapat alokasi konservasi mangrove.

Menanggapi hal tersebut, Camat Maryono mengatakan pihaknya akan segera menindaklanjuti arahan Pj Gubernur, dirinya akan menyusun pengajuan kebutuhan secara kolektif kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov). 

Ia menyatakan sangat mengapresiasi kehadiran Pj Gubernur beserta rombongan, dan berharap kunjungan Pj Gubernur di Desa Batu Betumpang Kecamatan Pulau Besar ini dapat membawa perubahan bagi daerah yang ia pimpin.

"Kami sangat berterima kasih, usulan kami dapat didengar, akan kami tindaklanjuti dan semoga ini bisa jadi harapan agar Kecamatan kami, khususnya Desa Batu Betumpang yang dikunjungi hari ini dapat menjadi semakin baik kedepan," katanya.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023