Jakarta (Antara Babel) - Dua pembalap Indonesia Sean Gelael dan Philo Paz Patrich Armand akan mengawali balapan GP2 seri pertama di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Sabtu (14/5) dari barisan belakang setelah pada kualifikasi hanya berada di posisi 21 dan 22.

Berdasarkan data dari tim media yang diterima media di Jakarta, Jumat, Sean Gelael yang memperkuat tim Pertamina Campos Racing ini membukukan catatan waktu tercepatnya yaitu satu menit 30, 304 detik dalam menempuh jarak 4,7 km.

Sedangkan Philo Paz Patrick Armand yang memperkuat tim Trident Racing membukukan waktu terbaik satu menit 30,609 detik. Dengan posisi tersebut bisa dipastikan perjuangan dua pembalap yang didukung oleh Jagonya Ayam KFC Indonesia akan cukup berat.

Kondisi lebih baik didapat rekan satu tim Sean Gelael yaitu Mitch Evans. Pembalap asal Selandia Baru ini berada di posisi 18 setelah membukukan catatan waktu tercepat satu menit 29,478 detik.
    
Satu pebalap lain yang juga didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia yaitu Antonio Giovinazzi akan start dari posisi ke-11. Pembalap asal Italia yang membawa bendera tim Prema Racing ini menorehkan catatan waktu tercepat satu menit 29,163 detik.

Balapan GP2 seri pertama ini diikuti 22 pebalap dari 11 tim. Satu tim, yakni Tim Status Grand Prix sampai batas terakhir kepastian balapan tidak mengumumkan nama-nama pebalapnya. Sementara di website resmi GP2 nama tim Status masih terpampang. Posisi Start terdepan menjadi milik pebalap Prema Racing Pierre Gasly yang membuat catatan waktu tercepat satu menit 27,807 detik.

Saat menjalani kualifikasi, semua pembalap termasuk Sean Gelael dan Phila Paz Patrick Armand dihadapkan dengan lintasan basah karena hujan. Bahkan, pada kualifikasi ini, anak mantan pembalap nasional ini banyak kehilangan waktu di paddock akibat permasalahan oversteer mobilnya.

Selain kualifikasi, Sean Gelael dan Philo Paz juga dihadapkan dengan manajemen ban karena pada balapan resmi hanya mendapatkan jatah lima set ban kering dan tiga set ban basah. Pemilihan jenis ban yang tepat juga akan menunjang prestasi pembalap pada ajang balapan satu level dibawah Formula 1 itu.

Di tempat yang sama, pembalap Indonesia lainnya yaitu Rio Haryanto yang turun di Formula 1 juga berjuang untuk meraih yang terbaik. Pada latihan bebas kedua, pembalap asal Jawa Tengah itu mampu memperbaiki catatan waktu sehingga mampu bertengger di posisi 19.

Hanya saja posisi Rio Haryanto itu masih berada di bawah rekan satu timnya di Manor Racing yaitu Pascal Wehrlein yang berada diposisi 18. Sementara itu posisi pertama dipegang oleh pebalap Mercedes, Nico Rosberg disusul pebalap Ferrari, Kimi Raikonen.

Pewarta: Bayu Kuncahyo

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016