Wolfsburg, Jerman (Antara Babel) - VfL Wolfsburg meraih kemenangan 3-1 dalam laga pamungkas Bundesliga musim 2015/2016 melawan VfB Stuttgart di Stadion Volkswagen Arena, Sabtu.

Bagi Wolfsburg, hasil itu tak mempengaruhi posisi mereka di urutan kedelapan klasemen dengan raihan 45 poin yang artinya tim besutan Dieter Hecking itu akan absen dari kompetisi antarklub Eropa musim depan.

Namun sebaliknya, hasil itu membuat Stuttgart harus turun kasta ke Divisi Dua lantaran hanya bisa menempati peringkat ke-17 klasemen dengan raihan 33 poin.

Stuttgart akan mendampingi juru kunci Hannover 96 yang sudah lebih dulu memastikan terdegradasi beberapa pekan lalu.

Sementara itu Eintracht Frankfurt yang di laga lain dikalahkan Werder Bremen menempati urutan 16 klasemen dan akan melakoni laga playoff melawan FC Nuernberg yang finis di posisi ketiga Divisi Dua demi menentukan hak tampil di Bundesliga musim depan.

Stuttgart terakhir kali terdegradasi ke Divisi Dua Bundesliga pada musim 1974/1975 silam dan hanya melewatkan dua musim sebelum kembali ke kasta tertinggi sepak bola Jerman itu.

Namun di tiga musim terakhir Stuttgart selalu berkutat dengan ancaman degradasi sebelum terselamatkan di beberapa pertandingan terakhir dan di dua musim lalu pelatih Huub Stevens selalu tampil menjadi penyelamat.

Petaka bagi Stuttgart berawal dari menit 11 saat Maximilian Arnold membuka keunggulan untuk Wolfsburg dengan tendangan kaki kiri memanfaatkan umpan silang kiriman Marcel Schaafer.

Andre Schuerrle memperburuk keadaan bagi Stuttgart dengan menggandakan keunggulan Wolfsburg menjadi 2-0 pada menit 29 dengan memanfaatkan umpan Daniel Caligiuri yang memungkasi sebuah serangan kilat dari tim tuan rumah.

Dewi keberuntungan pun agaknya memalingkan wajah dari Stuttgart, pasalnya tembakan kaki kanan Martin Harnik pada menit 44 ditolak mentah-mentah oleh mistar gawang.

Stuttgart sempat memperkecil ketertinggalan pada menit 78 melalui gol Daniel Didavi yang melepaskan tendangan bebas nun terarah.

Upaya Stuttgart untuk merebut momentum kebangkitan tak membuahkan hasil lebih, mereka malah harus kemasukan gol ketiga di pengujung laga.

Schuerrle sepenuhnya membunuh harapan Stuttgart dengan sepakan kaki kirinya menyambut umpan kiriman Julian Draxler.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Bundesliga.

VfL Wolfsburg (4-2-3-1): Koen Casteels (PG); Vieirinha, Naldo, Dante, Marcel Scahfer; Paul Seguin (Julian Draxler), Josuha Guilavogui; Daniel Caligiuri (Christian Traasch), Maximilian Arnold, Andre Schuerrle; Max Kruse (Bas Dost)
Pelatih: Dieter Hecking

VfB Stuttgart (4-2-3-1): Mitchell Langerak (PG); Matthias Zimmermann (Alexandru Maxim), Daniel Schwaab, Timo Baumgartl, Emiliano Insua; Lukas Rupp, Christian Gentner; Timo Werner (Martin Harnik), Daniel Didavi, Filip Kostic; Artem Kravets (Boris Tashchy)
Pelatih: Juergen Kramny

Pewarta: Gilang Galiartha

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016