Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti pameran Kriyanusa di Jakarta Convention Center Senayan sejak Selasa (12/09) hingga Minggu (17/09) untuk mempromosikan kekayaan budaya dan seni dari Bangka Selatan kepada dunia.

"Mengikuti pameran ini adalah bukti nyata komitmen Dekranasda Bangka Selatan dalam melestarikan warisan budaya dan mendukung pengrajin lokal,"kata Ketua Dekranasda Bangka Selatan Ellyzia, saat menghadiri pembukaan Kriyanusa pada Rabu (13/09).

Disampaikannya dengan menghadirkan kriya-kriya unik dari daerah ini untuk memperkuat identitas Bangka Selatan dalam kancah nasional maupun internasional.

"Produk-produk ini tidak hanya memiliki nilai estetika yang tinggi tetapi juga mencerminkan kekayaan budaya daerah,"kata dia.

Ia mengatakan Dekranasda Bangka Selatan dan semua pengrajin yang berpartisipasi dalam pameran ini berharap agar Kriyanusa dapat menjadi ajang yang sukses dan dapat terus berlanjut di masa mendatang.

"Sehingga keindahan dan kekayaan budaya Bangka Selatan dapat terus diapresiasi oleh generasi-generasi mendatang,"harapnya.

Dirinya menjelaskan Pameran Kriyanusa Kerajinan Nusantara dibuka secara resmi oleh Ibu Iriana Joko Widodo merupakan wadah bagi para pengrajin daerah untuk memamerkan dan menjual produk-produk kerajinan tangan mereka. 

"Pengunjung pameran akan memiliki kesempatan untuk melihat dan membeli berbagai macam kriya, seperti anyaman, ukiran kayu, dan perhiasan tradisional yang dibuat dengan teliti oleh para pengrajin yang berbakat se-Indonesia,"ujarnya.

Ia berharap kehadiran Dekranasda Bangka Selatan selain dapat menjadi kesempatan bagi para pengrajin untuk memamerkan bakat mereka tetapi juga untuk mempromosikan keindahan dan keragaman budaya. 

"Ini juga merupakan platform yang penting untuk mendukung ekonomi lokal dengan memberikan peluang kepada para pengrajin untuk meningkatkan pendapatan mereka melalui penjualan produk-produk kriya mereka,"katanya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023