Komando Distrik Militer (Kodim) 0414 / Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membangun dua unit rumah layak huni melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 di Desa Air Seruk, Sijuk, Belitung.

"Kami membangun dua rumah layak huni melalui program TMMD Kodim 0414 Belitung yang ke-118," kata Dandim 0414 Belitung sekaligus Dansatgas TMMD ke-118 Kodim 0414 Belitung, Letkol Inf Herik Prasetiawan di Sijuk, Belitung, Sabtu.

Menurut dia, dua warga penerima sasaran fisik TMMD ke-118 Kodim 0414 Belitung berupa pembangunan rumah layak huni atas nama Maddin dan Herman warga Desa Air Seru, Sijuk, Belitung.

Ia menjelaskan, pembangunan rumah layak huni tersebut dilaksanakan guna memberikan perlindungan resiko sosial kepada masyarakat di daerah itu.

"Program rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) ini memang kami berikan kepada warga yang kurang mampu," ujarnya. 

Dikatakan Dandim, selain itu, tujuan utama dari pembangunan rumah layak huni tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Hal ini dengan tersedianya pelayanan perumahan yang layak huni bagi penduduk miskin.

"Sehingga kehidupan mereka lebih layak dan sejahtera. Ini yang dimaksud dari perlindungan sosial rehab rumah layak huni tersebut," kata Letkol Inf Herik.

Dia mengungkapkan, dengan adanya bantuan rumah layak huni diharapkan meningkatkan kemampuan keluarga dalam menjalankan fungsinya untuk memberikan perlindungan, bimbingan, dan pendidikan.

"Semoga program ini juga bisa mengatasi persoalan kemiskinan karena tersedianya rumah layak huni ini ada kenyamanan dalam bertempat tinggal," ujarnya.

Dandim menyampaikan, saat ini pembangunan dua rumah layak huni tersebut baru mencapai 15 persen.

"Mudah-mudahan tidak ada kendala semoga sebelum berakhirnya kegiatan TMMD ke-118 Kodim 0414 Belitung rumah ini sudah bisa ditempati pemiliknya," kata Dandim.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023