Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melatih dan mendampingi pengelolaan website kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di daerah setempat di Gedung Bangka Selatan Command Center.

"Selama dua minggu ini kita melakukan pelatihan dan pendampingan admin pengelola website OPD di Lingkungan Pemda,"kata Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Selatan Yuri Siswanto di Toboali, Rabu (4/10).

Disampaikannya kegiatan ini merupakan tindak lanjut arahan dari Pak Bupati agar OPD lebih Informatif terkait dengan pembangunan yang telah dilakukan. 

"Hal ini penting karena website OPD merupakan sarana untuk penyampaian informasi kepada masyarakat terkait program dan kegiatan yang dilakukan,"kata dia.

Menurut Yuri sasaran dilakukan pelatihan dan pendampingan petugas admin website OPD ini adalah semakin menguatkannya peran PPID OPD. 

"PPID OPD memiliki wewenang untuk menyampaikan informasi publik kepada masyarakat terkait dengan program dan kegiatan yang dilakukan,"katanya.

Ia menjelaskan ada beberapa dokumen yang memang harus dipublish kepada masyarakat seperti Renstra OPD, Renja OPD dan LAKIP OPD. 

"Tentu saja kesemuanya dapat digunakan melalui website OPD. Disamping itu, penguatan peran PPID dalam memanfaatkan website nya juga merupakan upaya untuk mengeliminir berita palsu atau hoaks,"katanya.

Ia berharap agar pelatihan dan pendampingan petugas admin website memberikan dampak maksimal sesuai yang kita harapkan bersama.

"Semoga dengan adanya pendampingan ini semua OPD dalam menjalankan tugas PPID sesuai arahan Bapak Bupati tadi,"harapnya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023