Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memfasilitasi Usaha Kecil Menengah dalam kegiatan Ajak Bupati Kita Sambang Kampung (Aik Bakung) di Desa Serdang Kecamatan Toboali dua hari lalu.

"Kami menghadirkan layanan "Marking UKM on Google Maps". Layanan inovasi ini bertujuan memunculkan identitas seperti alamat, foto, info jenis produk, nomor WhatsApp, letak koordinat dan informasi lain di Google maps,"kata Plt Kepala Dinas Kominfo Bangka Selatan Yuri Siswanto di Toboali, Jumat (6/10).

Disampaikannya Diskominfo akan terus memaksimalkan pelayanan masyarakat yang diberikan Pemkab Bangka Selatan melalui dinas, khususnya saat kegiatan Aik Bakung.

"Hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan  akses informasi bagi siapapun yang mencari produk UKM yang tersebar di desa Serdang ini. Dan kita tahu bahwa google merupakan mesin pencarian informasi digital yang paling banyak digunakan diseluruh dunia,"kata dia.

Yuri menargetkan dengan layanan ini informasi produk UKM kita semakin menjangkau luas ke seluruh Indonesia bahkan internasional.

"Dengan layanan ini tentu merupakan hal yang lumrah bagi masyarakat atau pelaku usaha di kawasan perkotaan. Sedangkan untuk perdesaan Bangka Selatan, masih butuh pendampingan dan fasilitasi,"kata dia.

Dirinya menjelaskan dengan koordinasi bersama teman teman Dinas KUKM Perindag, Alhamdulillah sampai selesai kegiatan Aik Bakung hari ini sudah ada sekitar 20 unit lokasi UKM Desa Serdang sudah terinput informasi di Google maps.

"Nanti kegiatan Aik Bakung selanjutnya, kami akan membuka pelayanan yang sama. Mudah mudahan kehadiran layanan ini, berkontribusi memberikan manfaat bagi masyarakat di Desa Desa Bangka Selatan,ini merupakan langkah sederhana untuk kembangkan UKM,"kata dia.

Ia mengatakan beberapa jenis layanan yang kita berikan itu diantaranya Pendampingan UKM Go Digital, Layanan Pendampingan Monetisasi Konten Digital dan Layanan Fasilitasi Marking On Google Maps.

"Nanti pada kegiatan Aik Bakung kita akan melakukan pendampingan kepada pelaku UKM di Desa lain juga,"kata dia.

Pewarta: Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023