Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang memprakirakan tiga daratan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada Rabu (1/6).

"Hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang juga berpotensi terjadi di provinsi ini dalam waktu singkat, kami imbau warga tetap waspada sebab kondisi cuaca dapat berubah-ubah," kata Staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang Tri Yulianto, Selasa.

Daratan yang berpotensi hujan sedang yaitu Kabupaten Bangka Barat, Belitung dan Kota Pangkalpinang, sedangkan Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Belitung Timur hanya berpotensi hujan ringan.

Rata-rata kecepatan angin di provinsi ini berkisar 6-18 kilometer per jam dari Timur ke Selatan dengan suhu 25-33 derajat celcius dan kelembaban udara 65-98 persen.

"Waspadai kondisi cuaca yang dapat berubah sewaktu-waktu terutama dalam skala lokal," ujarnya.

Ia juga mengimbau kepada nelayan tradisional untuk mewaspadai ketinggian gelombang karena dapat berubah kapan saja dan bisa berakibat fatal.

Tinggi gelombang signifikan di Selat Bangka, Selat Gelasa Utara Bangka dan Selatan Bangka berkisar 0,25 meter, di Selat Karimata 0,75 meter.

"Rata-rata kecepatan angin di perairan di provinsi ini berkisar 8-34 kilometer per jam dari Timur ke Selatan. Ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali tinggi gelombang signifikan," ujarnya.

Pewarta: Mulki

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016