Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak partai politik menciptakan Pemilu 2024 dalam suasana damai dan kondusif.

"Kita mengajak sebanyak 18 partai politik peserta pemilu untuk menjadi garda terdepan dalam menciptakan pemilu damai," kata Ketua KPU Bangka Tengah Supendi Saputra di Koba, Senin.

Supendi mengatakan itu menyikapi sudah ditetapkannya  daftar calon tetap (DCT) sebanyak 306 calon anggota legislatif (caleg) Pemilu 2024.

"Dengan ditetapkannya DCT, maka secara resmi sebanyak 306 caleg menjadi peserta pemilu legislatif dan kita harapkan mampu mengajak masyarakat untuk menggunakan hak suaranya dengan cerdas dan damai," ujarnya.

Pihaknya dalam waktu dekat akan menggelar deklarasi pemilu damai, sebagai bentuk komitmen bersama untuk menyukseskan pesta demokrasi tanpa menghadirkan konflik.

"Kita terus perkuat koordinasi dengan berbagai pihak untuk menyukseskan pesta demokrasi," katanya.

Komisioner Bawaslu Bangka Tengah Muhammad Tamimi mengatakan bahwa pihaknya melakukan monitoring dan pengawasan melekat terhadap pendistribusian logistik Pemilu 2024.

"Kita terus monitor dan mengawal kedatangan logistik pemilu dan sampai saat ini, untuk kotak dan bilik suara yang datang itu sudah lengkap," ujarnya.

Namun demikian, Tamimi meminta pihak KPU dapat memastikan bahwa logistik pemilu tersebut tersimpan dengan sangat aman di gudang.

"Kita harus memastikan semua logistik pemilu dalam kondisi aman," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023