Pemuda Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melakukan deklarasi anti hoaks dalam rangka mendukung pemilu damai, aman dan harmoni di daerah.

Ketua Pemuda ICMI Provinsi Kepulauan Babel, Gustin mengatakan deklarasi anti hoaks menjelang Pemilu dan Pemilukada 2024 ini bertujuan agar masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang belum terbukti kebenarannya sehingga mereka harus mengkaji dulu mana yang benar dan tidak benar.

Menurutnya Babel adalah salah satu provinsi yang rawan isu digital dengan peringkat ketiga tertinggi di Indonesia, yang artinya masyarakat Babel melek IT namun perlu filterisasi informasi agar tidak mudah percaya dan terprovokasi berita-berita yang belum diketahui kebenarannya.

"Itulah sebabnya kami mendeklarasikan anti hoaks ini," ujarnya.

Selain mendeklarasi anti hoaks tersebut, Pemuda ICMI Babel juga bersinergi dengan tokoh agama, perguruan tinggi serta tokoh adat dan tokoh masyarakat dalam menyebarkan nuansa harmoni di Babel agar Pemilu dan Pemilukada 2024 mendatang berlangsung aman dan damai. 

"Selain itu kami selaku cendekiawan dan akademisi juga turut menyampaikan informasi-informasi yang benar dan hal-hal yang belum diketahui kebenarannya, baik itu berupa video atau konten-konten lain di media sosial," ujarnya.

Kasubdit 5 Dit Intelkam Polda Babel, AKBP Nur Samsi berharap deklarasi yang dilakukan oleh Pemuda ICMI Babel ini dapat menciptakan situasi kamtibmas yang baik di masyarakat.

"Melalui deklarasi ini kita berkolaborasi menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif menjelang pemilu 2024 ini," ujarnya.

Menurutnya berita hoaks ini sangat berbahaya sekali dan berpotensi mengancam situasi kamtibmas yang bisa berefek terhadap kondusifitas pada Pemilu 2024.

"Hoaks ini menghambat kelancaran pesta demokrasi karena sangat membahayakan kamtibmas. Kita harap masyarakat dapat menyikapi berita hoaks itu karena berita-berita itu sangat mudah dibajak dan disebarluaskan," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023