Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar bimbingan teknis (bimtek) bagi pengurus masjid, untuk meningkatkan kemampuan dalam mengelola manajemen rumah ibadah.

"Bimtek ini digelar dalam rangka merealisasikan program masjid berdaya," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman usai membuka kegiatan Bimtek bagi pengurus masjid di Pangkalanbaru, Minggu.

Bupati mengatakan, bimbingan teknis pagi pengurus masjid ini sangat penting dalam rangka memakmurkan dan memperkuat manajemen masjid.

"Saya harap pengurus mesjid memiliki wawasan di bidang tata kelola manajemen masjid, terutama manajemen keuangan dan menyusun program kegiatan untuk meramaikan rumah ibadah bagi umat Islam ini," kata bupati.

Bupati menginginkan masjid tidak hanya sebagai tempat shalat berjamaah lima waktu sehari semalam, tetapi juga pusat pendidikan Islam.

"Kita harus mampu menjadikan masjid sebagai pusat pendidikan bagi generasi Islam, terutama terkait dengan syariat dan aqidah," ujarnya.

Pemkab Bangka Tengah terus mendorong pengembangan rumah ibadah bagi umat Islam ini menjadi pusat peradaban, syiarnya Islam dan tempat bermusyawarah untuk kemaslahatan umat.

"Kita sudah ada program subuh berjamaah dan magrib mengaji yang sudah berjalan dalam beberapa tahun ini dalam rangka meramaikan masjid," ujarnya.

Bantuan dana hibah juga terus digulirkan untuk masjid, terutama dalam meningkatkan pembangunan fisik agar menjadi tempat yang lebih nyaman untuk beribadah.

"Kegiatan sosial juga sering kita lakukan di masjid seperti memberikan santunan bagi anak yatim dan sembako bagi para lanjut usia," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023