Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pola Pengelolaan Keuangan (PPK) Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) kepada Puskesmas dan Laboratorium Kesehatan kota Pangkalpinang.

Molen memberikan apresiasi serta terimakasih kepada seluruh pegawai di Dinas Kesehatan dan Puskesmas Kota Pangkalpinang. Di mana, Puskesmas Taman Sari dan Puskesmas Girimaya kini akreditasinya Paripurna.

"Kami mengapresiasi dan berterimakasih kepada semua teman kami yang ada di dinas kesehatan dan teman di puskesmas. Tambah lagi saya dapat kabar kalau puskesmas taman sari dan puskesmas Girimaya Paripurna," ujar Molen, saat menghadiri acara penyerahan SK PPK BLUD Pada Puskesmas dan Labkes Pangkalpinang, Senin (13/11/23) siang.

Ia juga menyebut, semenjak Dokter Hakim sebagai Kepala Dinas Kesehatan, membuat gerakan mereka semakin merangsak maju dan terarah.

"Jalan kami selama ini memang berliku-liku, tapi semenjak ada Dokter Hakim ini gerakan kami tambah merangsak maju, walaupun tidak sedikit kendala yang dialami tapi hajar terus kalau beliau ini," katanya.

Baca juga: Molen-Sopian pamit, lima tahun bawa kota Pangkalpinang semakin maju

"Target kita sekarang PAD naik, kalo PAD naik TPP pasti naik, Maka dari itu kita harus bergerak karena ini demi meningkatkan kesejahteraan kawan-kawan di kota Beribu Senyuman ini," ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Kadinkes Kota Pangkalpinang, Dokter Hakim menjelaskan kisah perjuangannya untuk menjadikan BLUD Puskesmas di Pangkalpinang. Yakni dari tahun 2015 silam.

"Perjalanan ini dari tahun 2015, Puskesmas ini mau dijadikan BLUD dari jaman 2015, namun tidak berhasil juga. Setelah adanya pergantian Sekda Mie Go ini, ternyata pikiran nya lebih luas, terimakasih pak Mie Go," jelas Dokter Hakim.

"Saya ingat betul kata pak Mie Go kepada saya waktu itu, mau apapun resikonya sesuai dengan konsep kita dengan pak Walikota 'Bergerak' walaupun numbur walaupun nyenggol, intinya bergerak," katanya menambahkan.

Dokter Hakim juga menjelaskan, bahwa Paripurnanya Puskesmas Girimaya dan Taman Sari adalah hadiah untuk Walikota Molen, di akhir masa jabatannya periode pertama yang tersisa 2 hari lagi.

"Puskesmas memberikan hadiah terindah kepada pak wali di akhir kepemimpinannya, Puskesmas Taman Sari dan Puskesmas Girimaya akreditasinya Paripurna, dan satu lagi Utama puskesmas Pangkal Balam," ujarnya.

Kadis Kesehatan kota Pangkalpinang itu juga berharap, puskesmas di seluruh kota Pangkalpinang ini juga segera menyusul akreditasi Paripurna dan utama, karena dengan itu dapat meningkatkan kepercayaan dari masyarakat.

"Mudah-mudahan puskesmas yang lain segera menyusul dengan akreditasi tersebut. Kita berharap dengan akreditasi itu semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat bahwa puskesmas ini bermutu. Setelah ini juga kami akan meminta bimbingan dari BPKP dan puskesmas akan terus konsultasi dengan BPKP, bagaimana pelaksanaannya kedepan," kata Dokter Hakim.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023