Jakarta (Antara Babel) - Kolombia menjadi tim pertama yang lolos ke perempat final Copa Amerika Centenario setelah menundukkan Paraguay dengan skor 2-1 di Stadion Rose Bowl California, Amerika Serikat, Rabu WIB.

Kolombia lolos ke perempat final dengan perolehan enam poin hasil dua kemenangan (2-0 atas AS dan 2-1 melawan Paraguay). Kolombia di puncak klasemen dengan keunggulan tiga poin dari Amerika Serikat di posisi kedua, adapun Paraguay dan Kosta Rika di posisi tiga dan empat dengan perolehan satu poin.

Paraguay masih berpeluang lolos asalkan mampu mengalahkan tuan rumah Amerika Serikat pada laga pamungkas yang digelar 12 Juni mendatang.

Gelandang Kolombia yang memperkuat Real Madrid, James Rodriguez, menjadi aktor kemenangan negaranya berkat satu gol dan satu assist yang dibuat pada babak pertama.

Pada jalannya laga, James Rodriguez mengirimkan umpan sepak pojok kepada Carlos Bacca untuk mengantar Kolombia unggul 1-0 pada menit 12.

James Rodriguez menggandakan kedudukan Kolombia menjadi 2-0 setelah bekerja sama dengan Cardona saat laga memasuki menit 30.

Paraguay bukan tanpa perlawanan, tim asuhan Ramon Diaz mencetak gol lewat tandukan pemain Da Silva menyusul eksekusi tendangan bebas, namun gol itu dianulir wasit Heber Roberto Lopes asal Brasil karena offside pada menit 34. Skor 2-0 menutup babak pertama.

Pada awal babak kedua, pelatih Ramon Diaz mengubah taktik dengan memainkan Victor Ayala dan Jorge Benitez menggantikan Edgar Benitez dan Robert Piris.

Tim Paraguay yang berjuluk Los Guaranies menciptakan peluang dari tendangan jarak jauh Almiron, namun berhasil digagalkan bek Kolombia Cristian Zapata pada menit 56.

Paraguay akhirnya mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1 setelah tendangan karas kaki kanan yang dilepaskan Victor Ayala meluncur masuk ke sudut kanan gawang Ospina pada menit 71.

Ospina menyelamatkan gawang Kolombia dari serangan Jorge Benitez pada menit 75.

Upaya Paraguay untuk menyamakan kedudukan kian sulit setelah David Romero diusir wasit setelah menerima kartu kuning kedua pada menit 81.

Unggul jumlah pemain membuat Kolombia lebih leluasa menyerang Paraguay. Pada menit 83 sepakan Cardona dari sayap kiri membentur tiang gawang Villar. Kedua tim pun masih saling menyerang hingga wasit meniup peluit panjang yang memastikan Kolombia lolos ke perempat final dengan skor akhir 2-1.

Statistik situs resmi Copa America mencatat Paraguay ungguli penguasaan bola dengan 55 persen berbanding 45 persen. Namun pasukan Jose Pekermen tampil efektif dengan 13 tembakan ke gawang sementara Paraguay melepaskan 10 sontekan.

Susunan pemain kedua tim:

Kolombia (4-2-3-1): Ospina; Arias, C. Zapata (Mina González), Murillo, Diaz; Perez (Guillermo Celis), Torres; Cuadrado (Moreno Durán), James, Cardona; Bacca.
Pelatih: Jose Pekerman.

Paraguay (4-4-2): Villar; B. Valdes, Gomez, Da Silva, Samudio; Almiron, R. Piris (Victor Ayala), Ortiz, Romero; Lezcano (Antonio Sanabria), Edgar Benitez (Jorge Benitez).
Pelatih: Ramon Diaz.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016