Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar apel siaga kesiapan pengawasan Pemilu 2024 sebagai bentuk komitmen untuk menjaga dan mengawasi tahapan penyelenggaraan pesta demokrasi di Negeri Serumpun Sebalai ini.

"Alhamdulillah hari ini seluruh pengawas mengikuti apel siaga pengawasan Pemilu 2024," kata Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Babel Em Osykar usai apel siaga Pemilu 2024 di Pangkalpinang, Kamis (23/11).

Ia mengatakan apel siaga pengawasan tahapan Pemilu 2024 dihadiri seluruh pimpinan dan anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Babel, tujuh kabupaten/kota, seluruh panwascam se-Provinsi Kepulauan Babel.

"Kami berharap penyelenggaraan pemilu berjalan lancar, langsung, umum, bebas dan rahasia pada pesta demokrasi nanti," katanya.

Ia menyatakan melalui pengawasan dan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat diharapkan bersama-sama menjadikan pemilu ini sebagai cermin demokrasi yang sejati.

"Pemilu bukan hanya sekadar ritual, tetapi momen sakral di mana rakyat memilih pemimpin yang akan membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik," katanya.

Ia mengajak seluruh jajaran Bawaslu kabupaten dan kota se-Provinsi Kepulauan Babel agar jangan berhenti untuk melakukan konsolidasi secara internal dan membangun komunikasi dengan pihak luar dengan baik.

"Tidak kalah pentingnya, anggota Bawaslu jangan takut dalam melaksanakan tugas sebagai pengawas karena kita melaksanakan perintah berdasarkan undang-undang," katanya.

Untuk itu, dia mengajak untuk bersama-sama memiliki tanggung jawab dalam menjaga suara rakyat agar tidak terdistorsi oleh kepentingan yang tidak sejalan dengan semangat demokrasi.

"Kami berpesan kepada seluruh pengawas pemilu bahwa rakyat yang kita wakili, janganlah menjadi korban pelanggaran pemilu. Untuk itu, saya tekankan sekali lagi jangan sampai rakyat Babel menjadi korban pelanggaran pemilu," katanya.
 

Pewarta: Aprionis/Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023