Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang, menggelar kegiatan "SAR Goes to School" terhadap sejumlah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan SMK Negeri (SMKN) di Kota Pangkalpinang.

"Kegiatan ini merupakan salah satu program untuk memperkenalkan apa saja yang menjadi tugas dan fungsi Basarnas kepada generasi muda, "kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang, I Made Oka Astawa.

Kegiatan yang diselenggarakan di SMA Negeri 3 Pangkalpinang, turut mengundang beberapa siswa dan siswi dari berbagai SMA/SMK se- Kota Pangkalpinang dengan total peserta mencapai 80 orang. Para peserta mendapatkan pengetahuan tentang upaya apa yang harus dilakukan dalam menghadapi kondisi yang membahayakan manusia, khususnya tentang cara memindahkan korban dan teknik pembidaian terhadap cidera alat gerak.

Peserta yang mengikuti kegiatan, antusias terhadap materi yang diberikan. Kepala Kantor SAR Pangkalpinang menuturkan "kegiatan ini tentunya memberi manfaat kepada adik-adik kita terutama dalam memberikan pertolongan pertama terhadap korban yang membutuhkan pertolongan, dan mereka juga mendapatkan pelajaran tentang tata cara membidai cidera pada alat gerak. tutur Oka.

Selain tentang SAR, salah satu tugas Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang di bawah Direktorat Bina Potensi Basarnas Pusat ini adalah melaksanakan sosialisasi tentang pencarian dan pertolongan kepada masyarakat, termasuk kepada anak-anak sejak usia dini.

Dengan kegiatan ini, kata dia, diharapkan akan menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang keselamatan diri, khususnya kepada siswa-siswi sekolah.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023