PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung berhasil mewujudkan listrik nyala 24 jam di Pulau Nangka guna memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat yang ada di Pulau itu, Selasa (5/12). 

Senior Manajer Komunikasi, Keuangan dan Umum (KKU) PLN Unit Instalasi Wilayah Bangka Belitung (UIW) Anton Wahyu Utomo mengatakan, di Pulau Nangka mulai dibangun PLTD berkapasitas 2x100 MW sejak April 2017.

"Sebenarnya PLN sudah masuk di sini sejak 2016 melalui surat Gubernur Bangka Belitung. Namun listrik mulai nyala selama 12 jam saja pada Juni 2017," kata Anton.

Anton bersyukur berkat dukungan dari Pemkab Bangka Tengah, Pemprov Babel dan pemerintah pusat akhirnya PLN Babel bisa mewujudkan listrik nyala 24 jam di Pulau Nangka.

Ia menyebutkan PLTD di Pulau Nangka saat ini  telah mengaliri listrik kepada 105 pelanggan dan akan bertambah 8 pelanggan lagi yang sedang dibangun jaringannya untuk merasakan listrik di Pulau Nangka ini.

“Ada 105 KK yang sudah mendapatkan listrik 24 jam dan ada 8 KK lagi yang masih berproses. Tinggal menunggu jaringan saja,” tutupnya.

Anton mengatakan, pembangunan kelistrikan kepulauan PLN Wilayah Bangka Belitung merupakan bagian dari program nasional.

"Untuk di Bangka Belitung sendiri, pembangunan PLTD tersebar dengan total kapasitas 443 MW," katanya.

Sementara Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman sangat bahagia melihat masyarakat Pulau Nangka bisa merasakan listrik 24 jam setelah puluhan tahun terisolir.

“Saya sendiri melihat anak-anak kalau malem nyari buku untuk sekolah pakai senter. Melihat hal itu saya sampaikan ke kementerian ESDM bilang kalau listrik gak 24 jam di pulau Nangka maka kita berdosa,” ucapnya.

Algafry juga mengatakan, jika listrik 24 jam ini karena ada dorongan dari anggota DPRD RI Komisi VII Bambang Patijaya yang juga membantu listrik 24 di Pulau Nangka ini.

"Jadi saya juga koordinasi dengan pak Bambang dan bilang yang sama kalau listrik gak 24 jam di Pulau Nangka kita berdosa dengan masyarakat,” ujarnya.

Algafry berharap, dengan pelayanan yang diberikan ke masyarakat Pulau Nangka bisa lebih membantu peningkatan perekonomian Pulau Nangka.

Pada kegiatan tersebut, PLN Babel juga memberikan santunan 10 paket sembako kepada masyarakat Pulau Nangka.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023