Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melengkapi berbagai fasilitas pendukung di kawasan Pantai Baturakit, Mentok, untuk menambah kenyamanan wisatawan.

"Pada tahun ini kita telah berhasil membangun berbagai fasilitas pendukung di kawasan tersebut, salah satunya ruas jalan yang menghubungkan Kampung Tanjung hingga pantai tersebut sudah beraspal mulus," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat Muhammad Ali di Mentok, Sabtu.

Selain itu, di sepanjang Pantai Baru yang berada di sebelah kawasan Pantai Baturakit juga sudah dilengkapi dengan pedestrian dan tempat bersantai bagi para pengunjung.

Menurut dia, pembangunan dua jenis kegiatan itu merupakan buah dari usaha di tahun 2022 untuk mendapatkan dana alokasi khusus fisik tematik pariwisata yang direalisasikan pada tahun ini.

"Khusus Dinas Pariwisata sendiri, pada tahun ini juga telah merealisasikan pembangunan jalan yang berada di dalam kawasan Pantai Baturakit, landscape, lapangan parkir, dan jalan tembus," ujarnya.

Ia mengatakan jalan tembus dari depan pintu gerbang kawasan Pantai Baturakit yang terhubung dengan jalan raya menuju Pelabuhan Tanjungkalian dibangun untuk memaksimalkan pendapatan asli daerah dari retribusi masuk objek wisata.

Selama ini, kata dia, banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Baturakit yang tidak membayar retribusi masuk objek wisata karena mereka beralasan hanya sekadar lewat jalan yang ada di tengah kawasan Pantai Baturakit untuk ke Tanjungkalian.

"Dengan adanya jalan tembus yang dibangun di luar kawasan, ke depan tidak ada lagi kasus seperti itu, bagi warga yang mau ke Tanjungkalian melewati luar kawasan Baturakit," katanya.

Selain pembangunan tersebut, kata dia, tahun ini pemerintah juga telah merealisasikan sentra industri kecil dan menengah, sentra industri ini juga akan dibangun di kawasan Kampung Iklim Teluk Rubiah tahun depan.

"Perlahan-lahan kita benahi sektor pariwisata agar semakin berkembang dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekaligus meningkatkan pendapatan daerah," katanya.

Sektor pariwisata merupakan sektor yang terus berkembang dan menjadi salah satu bidang strategis sebagai sumber pendapatan daerah dan devisa negara.

Selain itu pariwisata juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan menumbuhkan dunia usaha sekaligus banyak dimanfaatkan sebagai media dalam pelestarian nilai-nilai budaya lokal.

"Dalam arah pembangunan pariwisata, terutama dilihat sebagai penggerak ekonomi di Bangka Barat, kita akan terus melakukan perbaikan fisik, dan berupaya memberikan pelayanan, pendampingan dan bimbingan agar para pelaku semakin banyak yang terlibat paham dan terampil dalam mengelola jenis usaha kepariwisataan," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023