Komando Distrik Militer (Kodim) 0413 Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), menggelar donor darah massal sebagai rangkaian menyambut Hari Juang Angkatan Darat (AD) ke-78.

"Hingga saat ini sudah terkumpul 35 kantong darah," kata Dandim 0413/Bangka Kolonel Arm Firstya Andrean Gitrias di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan kegiatan donor darah Hari Juang AD ke-78 tahun ini melibatkan TNI AL, Kepolisian, Persit KCK Cabang XL Dim 0413/Bangka Hipakat, serta FKPPI, sebagai bentuk kepedulian untuk membantu ketersediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pangkalpinang.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah secara sukarela menyumbangkan darahnya kepada PMI Kota Pangkalpinang untuk nantinya disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan darah," ujarnya.

Menurut dia, kegiatan pada hari ini hanya dapat dikumpulkan sebanyak 35 kantong karena kebanyakan dari peserta tidak dalam kondisi yang dapat melakukan donor darah.

"Darah yang berhasil dikumpulkan baru 35 kantong, namun niat, kepedulian, dan kemauan, para peserta donor yang telah hadir perlu diapresiasi," katanya.

Ketua PMI Provinsi Kepulauan Babel Abdul Fatah mengatakan PMI terus menggencarkan aksi donor darah guna meningkatkan stok dalam memenuhi kebutuhan darah masyarakat yang cukup tinggi.

"Saat ini kebutuhan masyarakat terhadap darah tinggi, sehingga perlu sinergitas semua pihak untuk terus melakukan aksi donor darah massal ini untuk memenuhi kebutuhan darah pasien di rumah sakit," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023