Muntok, 1/7 (antarababel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, berupaya mengoptimalkan peran petugas penyuluh untuk mendorong usaha sektor pertanian di daerah itu.

"Peningkatan sektor pertanian berjalan seiring dengan bertambahnya pentugas penyuluh, peran motivasi dari petugas lapangan itulah yang akan kami tingkatkan untuk mengejar berbagai target pertanian daerah," ujar Kepala Dinas Pertanian dan Peternakkan Kabupaten Bangka Barat Suhadi di Muntok, Senin.

Ia menjelaskan, sebanyak 72 petugas penyuluh pertanian yang dimiliki pemkab tersebut akan terus diberikan berbagai keterampilan dan pelatihan agar mampu menyalurkan program-program strategis pertanian dalam upaya meningkatkan produksi dan produktivitas.

Menurut dia, para petugas penyuluh itu merupakan ujung tombak dan memiliki peran sangat penting dalam mendorong dan menggerakkan masyarakat tani.

"Kami akan mempertahankan keberadaan para penyuluh ini agar lebih dekat dengan masyarakat tani sehingga berbagai kendala di lapangan cepat tertangani," kata dia.

Menurut dia, kabupaten yang baru berdiri pada 2003 itu baru memiliki petugas penyuluh pertanian pada 2006 dengan jumlah 16 orang dengan status sebagai pegawai harian lepas yang dibiayai dengan APBD kabupaten,
    kamudian pada 2009 bertambah sebanyak 10 orang petugas menjadi 25 orang PPL.

Pada 2010 mendapat bantuan pembiayaan dari APBN untuk 11 orang PPL sebagai pegawai harian lepas tenaga bantu penyuluh pertanian (TBPP), selanjutnya pada 2011 sampai akhir tahun mendapatkan tambahan sebanyak 37 orang PPL tenaga harian lepas.

"Pada 2011 pula sebanyak 16 orang PPL diangkat menjadi pegawai negeri sipil dan sampai saat ini mereka masih bekerja seperti pada masa perekrutan," katanya.

Menurut dia, para petugas lapangan ini akan didorong agar tidak alih funsi tugas karena akan mempengaruhi kinerja dan pencapaian target yang sudah ditugaskan.

"Kami berharap mereka bekerja secara profesional dan bekerja sesuai tugas untuk semua petani yang tersebar di 64 desa/kelurahan di enam kecamatan di Bangka Barat," ujarnya.

Menurut dia, petugas penyuluh ini diharapkan mampu berbuat dan bekerja keras untuk mendorong kemajuan masyarakat di daerah itu yang mayoritas merupakan petani dan pekebun.

"Kami berharap para penyuluh aktif di daerah masing-masing danmengetahui potensi serta kendala yang dihadapi petani binaannya," katanya.

Pewarta:

Editor : Donatus Dasapurna Putranta


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013